Zinc, Nutrisi Penting untuk Kesehatan Tubuh Hingga Mencegah Kerontokan Rambut

Zinc, Nutrisi Penting untuk Kesehatan Tubuh Hingga Mencegah Kerontokan Rambut

Tubuh memerlukan berbagai asupan mineral untuk menunjang kesehatan. Mulai dari menjaga fungsi otot, otak, tulang, hingga jantung. Agar tubuh kita tetap sehat dan bugar, ada beberapa jenis mineral yang harus kita konsumsi setiap hari. Kedua jenis mineral tersebut, yaitu mineral makro dan mineral mikro. Mineral makro adalah mineral yang dibutuhkan dalam jumlah besar oleh tubuh, sementara mineral mikro adalah mineral yang dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil.

Salah satu mineral mikro yang sangat penting bagi kesehatan kita adalah Zinc. Oleh karena itu, mari kita bahas lebih lanjut mengenai manfaat Zinc bagi tubuh kita.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Fakta mengenai manfaat zinc dalam memperbaiki fungsi otak sudah terbukti. Salah satu manfaatnya adalah dalam mengatur komunikasi antara puluhan ribu sel saraf dengan mengirimkan sinyal satu sama lain sehingga membentuk pikiran dan ingatan.

Para peneliti juga menyatakan bahwa kekurangan zinc sangat erat terkait dengan penurunan daya ingat dan timbulnya berbagai masalah otak, seperti Alzheimer dan Parkinson, yang mengakibatkan demensia.

2. Membantu Penyerapan Nutrisi

Zinc memegang peran penting dalam mengatur metabolisme karbohidrat, lipid, protein, serta memastikan proses sintesis dan degradasi asam nukleat berjalan dengan baik. Ini membantu memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi tubuh. Zinc juga memiliki peran vital dalam berbagai enzim pencernaan. Konsekuensi dari kekurangan zinc adalah gangguan pencernaan dan kelelahan yang ekstrem.

3. Membantu Pembentukan Massa Otot

Zinc memegang peran yang sangat vital dalam membantu proses pembelahan dan pertumbuhan sel, serta memperkuat kadar hormon testosteron dan produksi IGF-1 yang terkait erat dengan penciptaan karakter maskulin pada pria, seperti pembentukan massa otot yang kuat.

Bagi para bodybuilder, asupan zinc sangat penting untuk mempercepat proses recovery setelah latihan yang berat, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan menjaga kesehatan tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Untuk menjaga kesehatan sel di dalam sistem kardiovaskular, sangat penting bagi kita untuk menyediakan tubuh dengan cukup asupan zinc. Endokardium, lapisan terdalam dari jaringan jantung, sangat bergantung pada konsistensi zinc dalam tubuh.

Asupan zinc setiap hari juga dapat membantu memelihara sirkulasi darah yang sehat, mengontrol tekanan darah dan mempertahankan tingkat kolesterol yang normal. Ini semua mempengaruhi kesehatan jantung secara langsung.

5. Mencegah Kerontokan Rambut

Zinc adalah salah satu mineral penting yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Termasuk dalam hal memelihara rambut. Apabila kekurangan zinc, maka rambut akan tampak kusam, mudah patah dan bahkan bisa rontok serta menimbulkan kebotakan

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini