Zinc, Nutrisi Penting untuk Kesehatan Anda

Zinc, Nutrisi Penting untuk Kesehatan Anda

Sudahkah Anda mengetahui peranan penting yang dimainkan oleh zinc dalam tubuh? Meskipun tidak sepopuler mineral lain, zinc merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk dalam hal meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, jika asupan zinc yang Anda dapatkan tidak cukup, Anda akan lebih mudah terkena berbagai jenis penyakit.

Tubuh kita memerlukan zinc sebagai salah satu nutrisi penting. Zinc berperan sebagai pemelihara sistem kekebalan dan metabolisme tubuh. Namun, tubuh kita tidak dapat memproduksi mineral ini, sehingga harus diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencukupi asupan zinc agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Manfaat Penting Zinc untuk Tubuh

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengetahui pentingnya sistem kekebalan tubuh, selain vitamin D dan vitamin C, zinc juga memiliki peran yang sama dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kekurangan zinc akan berpengaruh pada produksi sel darah putih yang memperkuat sistem imun tubuh, sehingga tubuh lebih rentan terkena infeksi. Namun, dengan mencukupi asupan zinc, sistem imun dapat bekerja dengan optimal dalam menangkal mikroorganisme seperti virus, bakteri, jamur, dan kuman lain yang masuk ke dalam tubuh. Ini akan mengurangi risiko terkena berbagai jenis penyakit infeksi.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Salah satu mineral esensial untuk menunjang proses penyembuhan luka yang disebabkan oleh luka bakar, cedera, atau luka terbuka adalah zinc. Ini karena zinc berperan dalam pembentukan kolagen, yang merupakan protein penting yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit.

Ketika kolagen diproduksi dengan baik oleh tubuh, proses penyembuhan luka akan semakin cepat. Ini menjelaskan mengapa banyak obat luka, seperti luka bakar, luka terbuka, bisul, mengandung zinc sebagai bahan utama.

3. Membantu Meredakan Peradangan

Zinc juga memainkan peran penting dalam meredakan peradangan. Ini karena, mineral ini memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan dapat membantu dalam mengurangi gejala peradangan yang terjadi pada tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zinc efektif dalam mengurangi peradangan dan stres oksidatif pada orang yang lebih tua. Salah satu paper yang diterbitkan dalam Frontiers menyatakan bahwa zinc dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif pada orang yang lebih tua.

4. Mengatasi Jerawat dan Masalah Kulit Lainnya

Sudah bosan dengan jerawat yang tak kunjung hilang? Kekurangan zinc bisa jadi salah satu penyebabnya. Untuk mengatasinya, Anda dapat menambah asupan zinc melalui suplemen atau mengoleskan produk yang mengandung zinc pada kulit. Kedua cara ini dikenal efektif dalam meredakan peradangan dan mengurangi produksi minyak di kulit. Apabila Anda juga memiliki riwayat masalah kulit yang menimbulkan peradangan, seperti eksim atau ruam popok, pastikan untuk mencukupi kebutuhan zinc Anda.

5. Mengobati Infertilitas Pria

Bagi pria yang mengalami masalah infertilitas atau kesuburan yang kurang baik, zinc dapat menjadi solusi yang tepat. Hal ini karena zinc dapat membantu dalam meningkatkan produksi hormon testosteron yang penting bagi kesuburan. Selain itu, zinc juga diyakini dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi dan meningkatkan kualitas sperma. Obat-obatan yang mengandung zinc kerap direkomendasikan untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan zinc harian, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zinc seperti makanan laut, daging, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, produk olahan susu dan lainnya. Atau Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kesehatan yang mengandung zinc agar kebutuhan zinc Anda tetap terpenuhi.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini