Studi Menunjukkan Suplemen Zinc Meningkatkan Kualitas Sperma pada Pria Infertil

Studi Menunjukkan Suplemen Zinc Meningkatkan Kualitas Sperma pada Pria Infertil

Apa Itu Zinc?

Zinc adalah mineral jejak, yang berarti tubuh Anda hanya membutuhkan sedikit (jejak) untuk tetap sehat. Zinc juga dikenal sebagai antioksidan, yang membantu mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan penyakit serius seperti kanker dan penyakit jantung. Zinc terdapat di seluruh tubuh Anda.

Mengisap permen zinc bisa mencegah Anda dari terkena pilek sebelum bersin pertama. Namun, meskipun zinc dapat meningkatkan sistem imun Anda, belum ada bukti yang menyatakan bahwa zinc memiliki kekuatan luar biasa seperti ini. Meski begitu, manfaat zinc yang lain sangatlah luar biasa. Nutrisi penting ini mendukung perkembangan janin yang sehat ketika Anda sedang hamil, ujar ahli dietetika terdaftar, Julia , RD. Zinc juga berperan dalam melawan kuman, mempercepat penyembuhan luka, dan masih banyak lagi.  menjelaskan manfaat zinc dan bagaimana memastikan agar kebutuhan zinc dari makanan yang Anda konsumsi tercukupi.

Apa Manfaat Zinc untuk Tubuh? Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari zinc:

  1. Memperpendek Durasi Pilek

Zinc membantu membuat sel-sel sistem kekebalan tubuh yang melawan kuman. Meskipun tablet zinc atau suplemen tidak dapat mencegah Anda dari terkena pilek, namun dapat membantu Anda sembuh lebih cepat. Sebuah tinjauan sistematis tahun 2021 dari 28 studi menemukan bahwa penggunaan tablet zinc, gel atau semprotan hidung dapat membuat orang merasa lebih baik selama dua hari lebih cepat daripada mereka yang tidak menggunakan zinc. Namun, zinc tidak mengurangi tingkat keparahan gejala pilek. Tetapi, perlu diwaspadai efek sampingnya, termasuk rasa tidak enak dan mual. Jika Anda ingin mencoba zinc untuk merasa lebih baik lebih cepat,  menyarankan untuk menggunakan tablet zinc. Dalam kasus yang jarang terjadi, orang yang menggunakan semprotan hidung zinc kehilangan kemampuan penciuman mereka – kadang-kadang secara permanen.

Penelitian masih berlangsung untuk melihat apakah zinc mempengaruhi COVID-19. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika kadar zinc Anda rendah, maka akan meningkatkan risiko terkena COVID-19 dan mengalami gejala yang lebih parah. Namun, dalam satu uji klinis, pengambilan zinc, vitamin C atau kedua suplemen tersebut tidak memperpendek durasi gejala COVID-19 pada pasien.

 

  1. Melindungi Kesehatan Mata

Mengonsumsi suplemen zinc sebanyak 80 miligram, bersama dengan vitamin lain yang mendukung kesehatan mata, diketahui dapat menurunkan risiko terkena Degenerasi Makula Terkait Usia (AMD) dan kehilangan penglihatan hingga 25%. Ketika AMD semakin parah, risiko kehilangan penglihatan semakin besar. Retina, bagian mata yang bertanggung jawab dalam mengubah cahaya menjadi sinyal bagi otak untuk menciptakan gambar, memiliki konsentrasi zinc yang tinggi. Suplemen zinc tambahan dapat membantu melindungi retina dari kerusakan sel akibat radikal bebas yang berbahaya.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah Dan Kolesterol

Meskipun alasan yang tepat masih belum jelas, orang dengan diabetes tipe 2 seringkali memiliki kadar zinc yang rendah. Hal ini diyakini dapat memperburuk kondisi diabetes dengan cepat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zinc dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol tinggi pada penderita diabetes tipe 2. Kondisi ini meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung yang mengancam nyawa. Sebuah ulasan penelitian pada tahun 2021 menunjukkan bahwa zinc juga dapat meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes gestasional.

  1. Meningkatkan Penyembuhan Luka

Meskipun masih dilakukan penelitian terhadap suplemen zinc oral yang dapat mempercepat penyembuhan luka akibat diabetes dan luka kulit lainnya, namun zinc oksida topikal terbukti efektif sebagai obat ruam popok. Selain itu, zinc berfungsi sebagai penghalang kelembaban, sehingga mencegah iritasi tambahan pada bokong bayi yang sakit.

  1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Studi kecil menunjukkan bahwa suplemen zinc yang mengandung vitamin lain dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria yang mengalami infertilitas. Walau begitu, peran zinc secara pasti dalam hal ini masih perlu lebih diteliti.

 

 

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini