Simak 5 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Tubuh

Simak 5 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Tubuh

Kolagen adalah sejenis protein berstruktur dan tak larut yang memberikan bentuk dan kekuatan pada kulit, tulang, tendon, dan jaringan ikat. Protein ini seperti lem yang mengikat seluruh tubuh. Ini sesuai dengan namanya yaitu “kólla” yang berarti lem dalam bahasa Yunani.

Selain mengikat, kolagen juga memainkan peran penting dalam memperbaiki luka pada jaringan tubuh, membuat jaringan tendon dan kulit lebih elastis, dan memperkuat tulang. Pembentukannya melibatkan vitamin C dan protein yang diserap oleh tubuh. Keduanya menghasilkan sejumlah pro-kolagen yang saling menempel membentuk fibril.

Fibril ini juga disebut sebagai serat tipis yang terdiri dari vitamin dan mineral dengan bentuk seperti serabut benang. Fibril akan berubah menjadi serat dan melekat pada sel kulit. Setelah tepat melekat, fibril akan mempertahankan struktur kulit dan membuatnya tetap elastis.

Tubuh Anda secara alami dapat memproduksi kolagen. Hanya saja, dengan bertambahnya usia, kemampuan memproduksi protein ini akan berkurang. Paparan polusi, sinar matahari, dan gaya hidup yang tidak sehat juga akan menghambat produksinya.

Manfaat dan Fungsi Kolagen Bagi Tubuh
Berikut adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika tubuh menerima asupan kolagen yang cukup:

  1. Kurangi Selulit dan Garis Halus di Wajah
    Menurunnya produksi kolagen karena meningkatnya usia dapat menimbulkan kerutan dan garis halus pada wajah. Solusinya adalah dengan memperoleh asupan kolagen tambahan, salah satunya melalui injeksi oleh dokter kulit.

     

    Dengan memperoleh asupan kolagen yang cukup, masalah selulit juga bisa teratasi. Selulit timbul akibat jaringan lemak yang menembus lapisan serat hingga mencapai lapisan kulit paling atas. Namun, dengan adanya protein ini, proses perbaikan dan regenerasi sel kulit akan terbantu, sehingga selulit akan berkurang.

  2. Melancarkan Sirkulasi Darah ke Kulit
    Salah satu kegunaan dari kolagen adalah memperteguh pembuluh darah, sehingga aliran darah dapat terdistribusi dengan baik ke seluruh bagian tubuh, termasuk pada kulit. Dengan begitu, nutrisi dan oksigen yang dibawa dalam darah akan membantu meningkatkan kesehatan kulit.
  3. Cegah Kerusakan Folikel Rambut
    Setiap folikel rambut memiliki kantong kecil yang terdapat pada kulit yang memungkinkan rambut untuk tumbuh. Kolagen melindungi folikel rambut sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan menghambat tumbuhnya uban yang lebih cepat.
  4. Percepat Penyembuhan Luka dan Cedera
    Sebagai protein penting, kolagen memiliki peran besar dalam memperbaiki jaringan ikat yang rusak akibat cedera atau luka. Ini mempercepat proses penyembuhan dan memperkuat jaringan ikat yang berperan dalam pembentukan otot, kulit, dan persendian. Kolagen juga membantu menguatkan struktur urat, ligamen, tulang, dan tulang rawan.
  5. Perbaiki Masalah Pencernaan
    Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kolagen, masalah pencernaan bisa teratasi. Bukan hanya itu, kolagen juga dapat membantu menyerap air di dalam usus. Oleh karena itu, lapisan kolagen yang melapisi usus dan lambung dapat membantu mengatasi gangguan pada lambung.

Di samping beberapa manfaat kolagen yang sudah disebutkan, ada manfaat lain seperti meningkatkan metabolisme, memperkuat gigi dan kuku, menjaga kesehatan hati, serta membantu menetralkan racun dalam tubuh.

Secara keseluruhan, kolagen memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kolagen memainkan peran penting dalam memperkuat jaringan ikat, tulang, gigi dan kuku, serta membantu memperbaiki cedera dan luka. Selain itu, kolagen juga membantu mengatasi masalah pencernaan, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan metabolisme tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga asupan kolagen yang cukup melalui makan makanan yang mengandung kolagen atau memanfaatkan suplemen kolagen.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini