Pentingnya Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut dan Kuku Secara Optimal

Pentingnya Kolagen dalam Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut dan Kuku Secara Optimal

Kolagen tentu bukan istilah yang asing bagi kita semua. Ketika membahas topik seputar kesehatan kulit, pastilah kolagen menjadi topik yang sangat relevan.

Dalam tubuh, terdapat banyak protein alami, dan kolagen merupakan jenis protein yang paling melimpah. Fungsi utama dari kolagen adalah berpartisipasi dalam proses pembentukan struktur tubuh, termasuk tulang, gigi, sendi, otot, kuku, rambut, dan kulit. Bahkan serat kolagen mempunyai ketahanan yang luar biasa terhadap tekanan.

Manfaat kolagen sangatlah beragam dan tak dapat diabaikan, karena protein ini turut berkontribusi dalam menjaga kesehatan kulit agar tetap kencang, cerah, dan halus, kuku yang kuat, serta rambut yang berkilau. Dikarenakan peranannya yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh, maka penting bagi kita untuk memahami lebih dalam mengenai manfaat kolagen. Berikut manfaat kolagen untuk kesehatan kulit.

1. Mengurangi Keriput dan Garis-garis Halus

Kulit membutuhkan kolagen yang cukup untuk menjaga kesehatannya. Kurangnya produksi kolagen dalam tubuh dapat membuat kulit menjadi kering dan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus.

Oleh karena itu, fungsi kolagen sangat penting dalam memelihara elastisitas dan hidrasi kulit serta mengurangi tampilan keriput. Anda dapat memperoleh manfaat dari kolagen untuk kulit Anda dengan mengonsumsi suplemen.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Skin Pharmacology and Physiology menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 2,5-5 gram suplemen kolagen selama 8 minggu berturut-turut mengalami peningkatan elastisitas kulit yang lebih signifikan dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengonsumsi suplemen.

2. Menyembuhkan Luka

Kolagen memainkan peran penting dalam proses penyembuhan luka dengan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru pada area yang terluka. Hal ini membantu mempercepat pemulihan dan memperkuat jaringan kulit yang baru terbentuk.

Tidak hanya bermanfaat untuk proses penyembuhan luka, tetapi kolagen juga memiliki manfaat yang signifikan dalam membangun jaringan tubuh lain seperti otot, tendon, dan ligamen. Karena itu, konsumsi kolagen dapat membantu Anda memulihkan diri lebih cepat dari cedera yang Anda alami.

3. Menebalkan Rambut

Seiring bertambahnya usia, wanita yang kekurangan kolagen dalam tubuhnya mungkin mengalami penipisan atau kerontokan rambut, sedangkan pada pria biasanya terjadi kebotakan. Fungsi kolagen yang penting bagi rambut diketahui dapat memberikan efek penebalan pada helai rambut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi suplemen kolagen secara teratur, dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan ketebalan rambut.

4. Menyehatkan Kuku

Kolagen tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut, tetapi juga berguna untuk meningkatkan kesehatan kuku. Sebuah studi yang melibatkan sejumlah wanita telah membuktikan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen secara teratur selama 4 minggu dapat mempercepat pertumbuhan kuku.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini