Menjaga Keseimbangan Redoks dengan Glutathione

Menjaga Keseimbangan Redoks dengan Glutathione

Apa itu Glutathione?

Glutathione adalah peptida yang terdiri dari tiga asam amino dan memiliki berat molekul rendah. Keseimbangan redoks dapat terjaga dengan baik melalui kandungan glutathione ini.

Glutathione diakui sebagai antioksidan kuat yang memiliki manfaat anti-melanogenik tambahan. Gluetathione membantu memperbaiki dan mempercantik kulit secara keseluruhan.

Glutathione dikenal sebagai antioksidan hebat yang memiliki manfaat anti-melanogenik tambahan. Ini sangat efektif dalam memperbaiki dan mempercantik kulit dari dalam. Terdiri dari tiga asam amino dan memiliki berat molekul rendah, glutathione membantu menjaga keseimbangan redoks.

Studi Tentang Glutathione

Dua studi tentang glutathione oral dilakukan di Thailand dan Filipina. Dosis yang diberikan adalah 500 mg sehari. Hasil yang dilihat adalah perubahan kadar melanin sebelum dan setelah terapi. Studi di Thailand melibatkan 60 orang dengan kulit sehat dan menunjukkan bahwa glutathione dapat menurunkan kadar melanin pada kulit. Studi single-arm pilot di Filipina yang melibatkan 30 wanita sehat dengan tipe kulit Fitzpatrick IV atau V juga menunjukkan adanya penurunan indeks melanin pada pajangan sinar matahari dan pada daerah terlindungi dari sinar matahari.

 

Dosis dan Reaksi Glutathione Pada Kulit

Glutathione oral adalah zat yang tercatat sebagai “Generally Recognized as Safe (GRAS)” oleh FDA Amerika. Walaupun glutathione oral memiliki bioavailibilitas yang rendah pada manusia, dosis injeksi intravena (IV) direkomendasikan untuk mencapai level terapeutik dalam darah dan memberikan efek pemutihan kulit yang instan.

Ada beberapa reaksi yang mungkin muncul setelah meminum glutathione IV. Reaksi pada kulit, nyeri pada bagian perut, disfungsi tiroid, disfungsi ginjal, dan potensi gagal ginjal, hingga masalah hati, bisa menjadi efek samping dari glutathione.

 

Beberapa bukti mengenai efektivitas glutathione dalam mengatasi hiperpigmentasi masih terbatas dan masih memicu kontroversi. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan hasil positif dan aman terkait penggunaan glutathione oral dan topikal. Terlebih lagi, pemakaian glutathione melalui injeksi intravena juga terbukti memberikan manfaat dalam memperbaiki warna kulit yang tidak merata.

 

 

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini