Mengenal Zinc: Fungsi dan Manfaatnya bagi Tubuh

Mengenal Zinc: Fungsi dan Manfaatnya bagi Tubuh

Zinc adalah mineral yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Zinc berperan dalam berbagai proses biokimia di dalam tubuh, termasuk pembentukan protein, sintesis DNA, dan sistem kekebalan tubuh.

Zinc memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Selain itu, mineral ini juga dapat menjaga kesehatan kulit yang baik. Zinc juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi indera perasa dan penciuman, karena kekurangan zinc dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk merasakan atau mencium sesuatu.

Manfaat Zinc Bagi Tubuh

Zinc memiliki peranan yang sangat krusial bagi tubuh karena beragam manfaatnya, seperti:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Zinc memiliki peranan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena manfaat penting zinc bagi tubuh, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan zinc dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc, seperti daging, seafood, kacang-kacangan, dan biji-bijian, atau dengan mengonsumsi suplemen zinc jika diperlukan.

2. Mengurangi Peradangan

Selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, zinc juga dapat meredakan stres oksidatif sehingga dapat meredakan peradangan yang terjadi dalam tubuh.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat zinc tidak hanya terbatas pada penyembuhan luka saja, mineral ini juga dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang rusak. Dengan membantu dalam produksi kolagen, zinc dapat memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit sehingga luka dapat menutup dengan lebih cepat.

4. Menghambat Pertumbuhan Jerawat

Zinc berkontribusi dalam menjaga kesehatan kulit dengan mengurangi peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Beberapa produk perawatan kulit yang mengandung zinc digunakan untuk mengobati jerawat dan memperbaiki kondisi kulit. Zinc juga sering diresepkan dalam bentuk suplemen untuk mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh kekurangan zat ini.

5. Mendukung Pertumbuhan Anak

Zinc adalah nutrisi penting yang tidak hanya membantu menjaga kesehatan orang dewasa, tetapi juga sangat berperan dalam membantu tumbuh kembang anak. Penelitian telah membuktikan bahwa mencukupi asupan zinc bagi anak berkontribusi pada pertumbuhan yang sehat dan berat badan ideal. Sebaliknya, kekurangan zinc dapat mempengaruhi perkembangan anak, seperti menghambat pertumbuhan, dan memicu keterlambatan kognitif dan motorik

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini