Memperkuat Kesehatan Dengan Suplemen Kolagen Yang Tepat

Memperkuat Kesehatan Dengan Suplemen Kolagen Yang Tepat

Kolagen merupakan sumber protein terbanyak dalam tubuh. Kolagen memegang peran kunci sebagai bagian dasar jaringan ikat yang membentuk bagian-bagian tubuh seperti tendon, ligamen, kulit, dan otot. Kolagen memiliki banyak manfaat penting, seperti memberikan dukungan dan kekuatan pada kulit dan tulang Anda.

Terdapat 28 variasi kolagen, namun empat jenis ini yang paling banyak ditemukan:

  • Jenis I: Jenis yang paling sering ditemukan, ditemukan di seluruh jaringan ikat
  • Jenis ll: Terdapat di sendi dan bantalan cakram (pengaman tulang belakang)
  • Jenis lll: Komponen utama dari serat retikuler, ditemukan pada kulit dan pembuluh darah
  • Jenis lV: Terdapat pada ginjal, bagian dalam telinga, dan lensa mata

Suplementasi kolagen memberikan berbagai manfaat antara lain seperti dibawah ini:

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kolagen, sebagai elemen mendasar pada kulit, memegang peran penting dalam memberikan kekuatan dan kelenturan pada kulit serta membantu mempertahankan hidrasinya. Namun, dengan bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh kita berkurang, sehingga memicu kulit menjadi kering dan keriput.

Beberapa studi membuktikan bahwa suplemen kolagen atau peptida kolagen dapat membantu memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi kerutan dan kekeringan. Sebuah ulasan dari 11 penelitian, mayoritas yang berfokus pada wanita, menemukan bahwa mengonsumsi 3-10 gram kolagen per hari selama rata-rata 69 hari meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit.

Suplemen kolagen dapat membantu tubuh memproduksi kolagen alami dengan merangsang produksinya. Ini juga dapat meningkatkan produksi protein lain untuk menjaga kesehatan kulit, seperti elastin dan fibrillin.

  1. Membantu Mencegah Kemungkinan Keropos Tulang

Tulang kita didominasi oleh kolagen yang memberikan bentuk dan kekuatan pada tulang. Semakin bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh kita berkurang dan begitu juga massa tulang. Ini dapat memicu masalah seperti osteoporosis, dengan kepadatan tulang yang rendah dan resiko patah tulang yang tinggi.

Penelitian menemukan bahwa suplemen kolagen dapat membantu memperlambat kerusakan tulang dan mencegah osteoporosis. Dalam sebuah studi 12 bulan, para wanita pasca menopause meminum suplemen kalsium dan vitamin D yang ditambahkan dengan 5 gram kolagen dan atau hanya suplemen kalsium dan vitamin D. Penelitian mengungkapkan bahwa tambahan kolagen melalui suplemen bisa membantu memperlambat kerusakan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa konsumsi kolagen setiap hari selama 12 bulan memberikan peningkatan positif pada kepadatan tulang. Studi ini dilakukan pada 66 wanita pascamenopause dan hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 5 gram kolagen per hari mengalami peningkatan kepadatan mineral tulang (BMD) sebesar 7% dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi suplemen ini.

Kepadatan mineral tulang, seperti kalsium, dapat diukur melalui BMD. Tulang yang memiliki BMD rendah memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami osteoporosis. Studi yang menemukan bahwa suplemen kolagen dapat meningkatkan BMD.

  1. Membantu Meningkatkan Massa Otot Dalam Tubuh.

Studi membuktikan bahwa suplemen kolagen memiliki manfaat dalam menambah massa otot pada individu dengan sarcopenia. Sarcopenia merupakan kondisi dimana massa otot berkurang seiring bertambahnya usia. Kolagen, sebagai protein yang melimpah di dalam tubuh, memegang peran penting sebagai komponen dari otot rangka.

Studi yang melibatkan 27 pria lansia yang mengidap sarcopenia menunjukkan bahwa suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan massa dan kekuatan otot. Selama 12 minggu, mereka yang mengonsumsi 15 gram kolagen setiap hari saat berpartisipasi dalam program olahraga menunjukkan peningkatan yang signifikan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Teori para peneliti mengatakan bahwa suplemen ini dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Kolagen memberikan dukungan pada arteri, memastikan bahwa darah bisa mengalir dengan lancar dari jantung ke seluruh tubuh. Tanpa adanya kolagen yang cukup, arteri menjadi kaku dan kurang elastis, yang berisiko menyebabkan aterosklerosis dan memperburuk kondisi pembuluh darah Anda.

Dalam studi 6 bulan, orang dewasa sehat menunjukkan perubahan positif setelah mengonsumsi suplemen kolagen. Ukuran kekakuan arteri mereka berkurang dan kadar kolesterol baik mereka meningkat.

Suplemen kolagen memiliki potensi untuk memberikan manfaat lain bagi tubuh, namun belum dalam skala penelitian yang besar.

  • Rambut dan kuku: bisa menjadi lebih kuat dan tumbuh lebih panjang berkat suplemen kolagen. Suplemen ini juga bisa membantu mengatasi masalah kerapuhan pada kuku.
  • Usus: meskipun belum terbukti secara ilmiah, ada beberapa profesional kesehatan yang meyakini bahwa suplemen kolagen dapat membantu mengatasi sindrom usus bocor.
  • Otak: meskipun belum ada penelitian tentang efek suplemen kolagen pada kesehatan otak, beberapa orang mempercayai bahwa suplemen ini dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala kecemasan.
  • Penurunan berat badan: meskipun belum ada dukungan ilmiah, beberapa orang mempercayai bahwa suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dan mempercepat metabolisme.

Baik bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen

Baik bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen yang terbukti membawa keuntungan bagi kesehatan kulit, sendi, tulang, otot, dan jantung. Walaupun terdapat beberapa bukti terbatas yang mendukung pengaruh kolagen dalam hal penurunan berat badan, kesehatan usus, atau otak.

 

 

 

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini