Kolagen: Protein yang Membuat Tubuh Anda Kuat dan Sehat

Kolagen: Protein yang Membuat Tubuh Anda Kuat dan Sehat

 

Apa itu Kolagen?

Kolagen, zat yang kian populer dalam dunia perawatan kulit. Saat ini, Anda dapat menemukannya dalam berbagai produk, mulai dari pelembab hingga sampo dan kondisioner. Namun, tahukah Anda akan manfaatnya bagi kulit dan kesehatan secara keseluruhan?

Kolagen merupakan protein yang kaya akan serat dan tak larut, salah satu jenis protein yang paling banyak ditemukan dalam tubuh manusia. Fungsinya menjadi fondasi utama dari tulang, kulit, urat, dan jaringan ikat yang memberikan struktur dan kekuatan yang luar biasa.

Kolagen tidak hanya ditemukan di tulang, kulit, urat, dan jaringan ikat, tapi juga pada bagian tubuh lain seperti pembuluh darah, kornea mata, dan gigi. Ia seperti lem yang menyatukan seluruh tubuh menjadi satu kesatuan yang kuat dan solid.

Kolagen juga memiliki kekuatan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang terluka, menguatkan tulang, serta menjaga kulit dan tendon agar tetap lentur dan kencang. Ini menunjukkan bahwa kulit yang sehat adalah kulit yang memiliki kadar kolagen yang cukup.

Proses Penciptaan Kolagen dalam Tubuh: Dari Pro-Kolagen hingga Molekul Utama

Dalam lapisan kulit, terdapat sel-sel khusus yang bertanggung jawab dalam pembuatan molekul kecil yang dikenal sebagai pro-kolagen. Molekul ini terbentuk dari kombinasi vitamin C dan protein yang telah diserap oleh tubuh.

Proses produksi kolagen dimulai dari pro-kolagen yang saling menempel satu sama lain. Mereka membentuk fibril yang merupakan serat tipis yang terdiri dari mineral dan vitamin yang memiliki bentuk seperti benang. Fibril ini kemudian tumbuh dan berubah menjadi serat yang menempel pada sel kulit sebagai jangkar. Setelah serat ini terbentuk dan menempel dengan benar, fibril akan mampu menjaga struktur kulit dan membuatnya menjadi lentur

Kolagen dapat diproduksi oleh tubuh sendiri secara teratur. Namun, paparan sinar matahari, polusi, dan kebiasaan merokok dapat menghambat produksi kolagen.

Orang yang tubuhnya kekurangan kolagen dapat dikenali dari tampilan kulit yang kendur, garis-garis halus dan keriput. Penipisan jumlah kolagen alami tubuh juga dikaitkan dengan masalah kesehatan.

Manfaat Kolagen Bagi Tubuh

Manfaat kolagen bagi tubuh sangat luas, sehingga penurunan produksi kolagen tentu akan berdampak besar. Oleh karena itu, untuk meningkatkan produksi kolagen, sangat penting bagi Anda untuk menjalani gaya hidup sehat.

Kolagen terdiri dari asam amino, beberapa diantaranya harus diperoleh dari makanan. Aliran darah yang lancar juga berperan dalam produksi kolagen sehingga Anda perlu berolahraga rutin untuk meningkatkan produksinya.

Kolagen memiliki peran penting dalam berbagai bagian tubuh, tidak hanya kulit saja. Walaupun tidak banyak penelitian yang tersedia tentang suplemen kolagen, beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat kolagen mungkin termasuk.

  1. Penyembuhan Tanda-tanda Penuaan

Saat kita bertambah tua, produksi kolagen dalam tubuh kita akan berkurang, yang menyebabkan kerutan dan garis halus pada bagian kulit yang paling banyak bergerak. Bagian kulit yang paling terkena dampak termasuk persendian, dahi, bibir, dan sekitar mata.

Untuk mengatasi tanda-tanda penuaan, Anda dapat mencoba dengan suplemen kolagen juga dapat membantu dalam proses penyembuhan dan perbaikan jaringan kulit. Suntikan kolagen juga dapat diperoleh dari dokter spesialis kulit.

  1. Menghilangkan Selulit

Selulit terjadi ketika jaringan lemak menembus serat hingga lapisan teratas kulit, menyebabkan kulit terlihat bergelombang dan tidak rata.

Manfaat lain dari suplemen kolagen adalah mengurangi selulit dari dalam tubuh. Protein ini bekerja dengan merangsang proses regenerasi sel-sel kulit yang rusak, sehingga memperbaiki jaringan kulit.

  1. Mengoptimalkan Sirkulasi Darah

Kolagen yang diperlukan tubuh untuk memperkuat jaringan ikat juga penting untuk rambut. Asam amino yang terkandung dalam kolagen membentuk keratin, yang merupakan protein utama dalam rambut. Dengan meningkatkan produksi kolagen, Anda dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok dan memperkuat rambut Anda.

  1. Menyembuhkan Luka dan Cedera

Kolagen adalah protein yang diperlukan untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan ikat, mendukung perkembangan otot, kulit, dan persendian yang kuat. Selain itu, kolagen juga penting untuk memperkuat struktur tulang, urat, tulang rawan, dan ligamen. Suplemen kolagen dapat membantu mempercepat pemulihan jaringan otot dan kulit sehingga membantu Anda lekas pulih dari cedera akibat olahraga

  1. Menjaga Kekuatan Rambut

Kolagen mengandung beberapa jenis asam amino yang membentuk keratin, protein utama yang membuat rambut Anda tebal dan kuat. Dengan meningkatkan produksi kolagen, Anda dapat mengatasi masalah rambut rontok dan memperkuat rambut Anda.

  1. Melindungi folikel rambut dari kerusakan eksternal

Folikel rambut merupakan tempat tumbuhnya rambut. Namun, polusi, stres, merokok, dan alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut. Kolagen memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang dapat melindungi folikel rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Konsumsi suplemen kolagen dapat membantu melindungi folikel rambut Anda dari kerusakan eksternal.

  1. Menghambat pembentukan uban

Kolagen dikenal sebagai antioksidan yang kuat yang dapat membantu menghambat pembentukan uban. Selain faktor genetik, proses pembentukan uban juga dapat dipengaruhi oleh radikal bebas yang dapat merusak pigmen rambut. Kolagen dapat membantu melindungi pigmen rambut dari kerusakan ini sehingga memperlambat proses pembentukan uban.

 

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini