Glutathione: Antioksidan yang Dibutuhkan Tubuh

Glutathione: Antioksidan yang Dibutuhkan Tubuh

Manfaat glutathione bagi kesehatan sangat banyak, seperti mencegah kerusakan sel, memperbaiki jaringan yang rusak, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Produksi glutathione dilakukan oleh hati dan sel-sel saraf di otak, terdiri dari tiga jenis asam amino, yaitu L-cysteine, glycine, dan L-glutamate. Glutathione juga bisa didapatkan dari makanan tertentu atau suplemen.

Manfaat Gluathione pada tubuh kita

  1. Membantu Mengurangi Jumlah Radikal Bebas
    Radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko penyakit seperti kanker, diabetes, dan rheumatoid arthritis. Glutathione dapat membantu mengurangi jumlah radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit tersebut.

Radikal bebas yang berlimpah dalam tubuh dapat menyebabkan sel-sel yang cepat rusak. Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit seperti kanker, diabetes, dan rheumatoid arthritis. Glutathione dapat membantu melawan dan mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh sehingga risiko penyakit tersebut dapat dikurangi.

  1. Memutihkan Kulit Dan Mengurangi Keriput

Untuk mencapai kulit yang lebih cerah dan putih, banyak individu yang mengonsumsi suplemen glutathione atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung zat tersebut. Glutathione sering digunakan dalam suntik putih dan infus whitening. Meskipun dipercaya dapat memutihkan kulit dan mengurangi keriput.

  1. Mencegah Resistensi Insulin

Semakin tua seseorang, produksi glutathione di dalam tubuh akan semakin menurun. Saat usia bertambah, produksi glutathione dalam tubuh akan menurun yang dapat mengakibatkan peningkatan risiko resistensi insulin dan diabetes tipe 2.. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa glutathione dapat mencegah resistensi insulin dan meningkatkan kinerja insulin dalam mengontrol kadar gula darah.

  1. Membantu Meringankan Gejala Parkinson

Penyakit Parkinson merupakan penyakit yang menyebabkan kerusakan pada otak, yang dapat menyebabkan gejala seperti tremor, otot kaku, kesulitan berbicara dan bergerak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar glutathione dalam tubuh penderita Parkinson biasanya rendah. Oleh karena itu, pemberian suplemen glutathione diharapkan dapat membantu meringankan gejala Parkinson. Namun, saat ini bukti klinis yang menunjukkan efektivitas glutathione sebagai terapi untuk Parkinson masih terbatas dan perlu riset lebih lanjut.

  1. Menjaga Kadar Glutathione Yang Tinggi

Menjaga kadar glutathione yang tinggi dalam tubuh dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda tidak mudah sakit. Selain itu, manfaat ini juga bermanfaat bagi penderita penyakit tertentu seperti HIV/AIDS dan kurang gizi untuk mendukung sistem imunitas tubuh mereka.

 

Glutathione dapat diperoleh dari tubuh secara alami, namun juga terdapat dalam beberapa jenis makanan, seperti daging merah, ayam, ikan, telur, susu, buah-buahan seperti alpukat, jeruk, pepaya, kiwi dan stroberi serta sayuran yang mengandung sulfur seperti brokoli, kembang kol, bok choy dan bawang putih.

Glutathione dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan sehat atau mengambil suplemen. Sebagai antioksidan, glutathione dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen glutathione, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan dosis yang tepat.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini