Fakta Menarik Tentang Manfaat Zinc bagi Tubuh

Fakta Menarik Tentang Manfaat Zinc bagi Tubuh

Zinc, mineral penting yang mendukung tumbuh kembang serta sistem kekebalan tubuh. Kekurangan zinc dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius hingga meningkatkan risiko terkena berbagai jenis penyakit.

Untuk mencukupi kebutuhan zinc dalam tubuh, konsumsi makanan yang kaya zinc sangat dianjurkan. Namun, sebaiknya kita pahami dahulu manfaat zinc bagi kesehatan manusia

Seng atau zinc merupakan mineral mikro yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil seperti halnya selenium, zat besi, dan mangan. Laki-laki memerlukan 11 miligram per hari sementara perempuan 8 miligram per hari.

Konsumsi zinc yang cukup setiap hari dapat memberikan manfaat seperti berikut ini:

  1. Menghindari infeksi dengan memenuhi kebutuhan zinc

Zinc penting bagi tubuh untuk mengaktifkan limfosit-T, sel darah putih yang memerangi bibit penyakit. Selain itu zinc juga berperan dalam penghantaran sinyal antar sel imun saat tubuh menghadapi infeksi. Kekurangan zinc walau hanya ringan sudah bisa mempengaruhi fungsi sel imun seperti makrofag dan neutrofil. Beberapa penelitian menyatakan bahwa pemberian suplemen zinc dapat mengatasi hal ini dan mengurangi durasi penyakit umum seperti pilek.

  1. Melancarkan proses penyembuhan luka

Asupan zinc yang cukup memberikan manfaat khusus bagi pasien yang mengalami luka bakar, luka terbuka, atau cedera kulit. Zinc mendukung pembentukan kolagen, fungsi imun, dan reaksi peradangan yang diperlukan dalam proses penyembuhan luka. Selain itu zinc juga membantu menjaga kekuatan kulit dan membran mukosa. Namun jika seseorang kurang zinc dalam darah, proses penyembuhan luka akan lebih lama.

  1. Menyelesaikan masalah diare melalui konsumsi zinc yang cukup

Jika Anda menderita diare, dokter mungkin akan memberikan suplemen zinc untuk membantu proses penyembuhan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zinc dapat mengurangi durasi dan keparahan diare, terutama pada anak yang kekurangan gizi. Hal ini dikarenakan zinc berperan dalam pembentukan protein, pertumbuhan sel, dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

  1. Menghindari penyakit kronis dengan memenuhi kebutuhan zinc

Para ahli percaya bahwa radikal bebas dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Namun, zinc memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit tersebut. Konsumsi zinc juga membantu mengurangi peradangan yang menjadi penyebab sindrom metabolik, kanker, dan penurunan fungsi otak. Walau begitu, konsumsi zinc harus dibarengi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

  1. Menghindari kerusakan mata dengan memenuhi kebutuhan zinc

Zinc tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara umum, namun juga bagi kesehatan mata. Mineral ini membantu mencegah kerusakan sel retina dan dapat membantu orang yang mengalami degenerasi makula. Konsumsi zinc tidak dapat mencegah degenerasi makula, namun zinc dapat memperlambat proses dan komplikasinya. Zinc mungkin menjadi salah satu opsi pengobatan untuk penyakit ini di masa yang akan datang.

  1. Menjaga kesehatan saraf dan otak

Tubuh memerlukan zinc untuk menjaga kesehatan saraf. Sebuah penelitian di AS menunjukkan bahwa kadar zinc yang rendah dalam darah dapat menyebabkan masalah saraf seperti sakit kepala, rasa geli pada kulit, dan gangguan saraf tepi. Penelitian terhadap hewan juga menunjukkan bahwa asupan zinc dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk perkembangan kemampuan berpikir dan mengingat.

  1. Menghilangkan masalah kulit melalui konsumsi zinc

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering terjadi pada orang dengan kadar zinc yang rendah. Suplemen dan krim oles yang mengandung zinc dapat mengatasi permasalahan ini dengan meredakan peradangan dan menghambat produksi minyak. Selain itu, asupan zinc juga dapat mengatasi masalah kulit lain seperti dermatitis atopik, ruam popok, dan hidradenitis suppurativa.

 

Meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil, zinc memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Zat gizi ini dapat mendukung sistem imun, mempercepat penyembuhan luka, hingga membantu fungsi saraf dan otak. Untuk memenuhi kebutuhan zinc yang cukup, pastikan untuk mengonsumsi suplemen tambahan yang mengandung zinc yang baik bagi tubuh Anda.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini