Biotin (Vitamin H) – Solusi untuk Kesehatan Tubuh yang Optimal

Biotin (Vitamin H) – Solusi untuk Kesehatan Tubuh yang Optimal

 

Biotin, atau juga dikenal sebagai vitamin B7 atau vitamin H, merupakan vitamin yang termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks. Vitamin ini larut dalam air sehingga tidak bisa disimpan dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama.

Berbagai manfaat biotin untuk kesehatan

Biotin, juga dikenal sebagai vitamin H, diperlukan oleh tubuh untuk mencerna dan memecah zat gizi makro seperti lemak, karbohidrat, dan protein. Ketika masuk ke dalam tubuh, biotin akan memproduksi asam lemak, membantu memecah protein menjadi asam amino, dan membantu tubuh menghasilkan gula ketika cadangan gula habis. Biotin sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat biotin yang perlu diketahui.

Manfaat Biotin bagi tubuh

  1. Biotin penting untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui

Kekurangan B7 vitamin dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat. Walaupun tidak sering terjadi, namun para ahli menyatakan bahwa kebutuhan biotin pada saat hamil dan menyusui mengalami peningkatanSehingga dokter akan merekomendasikan agar wanita hamil mengonsumsi makanan yang kaya akan biotin untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

  1. Menumbuhkan rambut yang lebih cepat

Salah satu manfaat biotin adalah mempercepat pertumbuhan rambut. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi biotin dalam jumlah yang cukup dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Studi ini juga menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen biotin mengalami pertumbuhan rambut yang cukup signifikan di daerah yang mengalami kerontokan. Karena itu, banyak orang yang mengandalkan biotin sebagai solusi untuk masalah rambut rontok.

  1. Mengatasi masalah kuku yang rapuh

Biotin juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kuku yang rapuh. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada delapan orang yang memiliki kuku rapuh, mereka diberi suplemen biotin 2,5 miligram per hari selama 6-15 bulan. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan peningkatan ketebalan kuku sebesar 25% pada semua peserta. Kuku yang pecah-pecah juga berkurang. Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini masih dalam skala kecil dan diperlukan penelitian yang lebih lanjut.

  1. Mengatasi masalah kulit

Biotin juga dapat digunakan untuk mengatasi beberapa kerusakan kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan biotin dapat menyebabkan masalah kulit seperti dermatitis seboroik. Beberapa sumber juga menyatakan bahwa kekurangan biotin dapat mempengaruhi proses pemecahan lemak yang penting untuk kesehatan kulit. Namun, sampai saat ini belum ada bukti yang menyatakan bahwa biotin dapat meningkatkan kesehatan kulit pada orang yang tidak mengalami kekurangan biotin.

  1. Mengendalikan kadar gula darah

Salah satu manfaat utama dari biotin adalah membantu mencerna zat gizi tubuh. Oleh karena itu, biotin juga dapat mempengaruhi kadar gula darah. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa biotin dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Biotin dapat membantu meningkatkan proses pencernaan asam lemak, sehingga meningkatkan penyimpanan glukosa dalam tubuh. Selain itu, dalam penelitian hewan ditemukan bahwa biotin merangsang produksi insulin dari pankreas dan kemudian menurunkan kadar gula darah.

  1. Menyembuhkan kerusakan saraf

Vitamin H atau biotin juga dapat membantu dalam mengurangi kerusakan saraf pada individu yang menderita diabetes, yang juga dikenal sebagai neuropati diabetik. Selain itu, biotin juga penting untuk orang yang sedang menjalani prosedur cuci darah (dialisis) untuk penyakit ginjal.

  1. Mengatasi multiple sclerosis

Penelitian telah menemukan bahwa terapi biotin dosis tinggi dapat membantu dalam mengobati gejala multiple sclerosis. Ini adalah penyakit autoimun yang memengaruhi sistem saraf dan menyebabkan lemah otot dan masalah lainnya. Terapi biotin dosis tinggi dapat memperbaiki gejala MS. Penelitian menunjukkan bahwa gejala multiple sclerosis dapat berkurang dengan melakukan terapi biotin dosis tinggi yang diminum tiga kali sehari.

Menurut Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, orang dewasa membutuhkan Vitamin H sekitar 30 mcg (mikrogram) per hari. Selain dari makanan, Anda juga bisa mengonsumsi produk suplemen yang mengandung biotin

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini