6 Fakta Tentang Manfaat Zinc bagi Tubuh Anda

6 Fakta Tentang Manfaat Zinc bagi Tubuh Anda

Mengetahui kebutuhan asupan zinc sangat penting karena kandungannya memiliki berbagai manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Beberapa manfaat zinc yang dapat kita rasakan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Zinc merupakan salah satu mineral yang sangat penting bagi tubuh, namun sayangnya tubuh kita tidak dapat memproduksinya sendiri. Oleh karena itu, kita harus mencukupi kebutuhan zinc melalui asupan makanan yang kaya akan zinc atau mengonsumsi suplemen zinc.

Kandungan Zinc yang Baik untuk Tubuh Berikut ini adalah manfaat zinc yang akan kita dapatkan jika asupannya cukup:

Menambah Kekebalan Tubuh

Zinc diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena dapat mengaktifkan sel darah putih yang disebut limfosit sel T. Sel ini memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan zinc, maka tubuh akan lebih mampu melawan dan menetralkan patogen yang masuk ke dalam tubuh seperti bakteri, virus, dan jamur. Hal ini dapat menurunkan risiko seseorang menderita berbagai penyakit.

Meredakan Peradangan

Zinc juga dapat meredakan peradangan di dalam tubuh karena dapat meredakan stres oksidatif. Ini dapat menurunkan risiko seseorang mengalami penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, pneumonia, dan degenerasi makula terkait usia.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Zinc dapat mempercepat proses penyembuhan luka karena dapat membantu dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan serat protein yang memberikan kekuatan dan tekstur elastis pada kulit. Bila produksi kolagen maksimal, luka akan menyusut dan menutup dengan lebih cepat. Hal ini menjadikan zinc kerap digunakan sebagai bahan dasar obat untuk mengatasi luka bakar, bisul, dan luka lainnya.

Mengatasi Infertilitas Pria

Zinc juga dapat digunakan sebagai obat untuk menangani kondisi infertilitas atau gangguan kesuburan pada pria. Zinc dapat meningkatkan produksi hormon seks pria, yakni testosteron. Selain itu, zinc juga dapat digunakan untuk mengatasi disfungsi ereksi dan meningkatkan kualitas sperma.

Menyembuhkan Jerawat

Zinc dapat mengurangi peradangan pada kulit, menghambat bakteri Propionibacterium acnes, dan menekan aktivitas kelenjar minyak. Hal ini dapat membantu mencegah dan menyembuhkan jerawat. Oleh karena itu, suplemen zinc, baik yang diminum atau dioles, kerap diresepkan untuk mengatasi jerawat.

Mendukung Pertumbuhan Anak

Selain bermanfaat bagi orang dewasa, zinc juga dapat mendukung tumbuh kembang anak. Penelitian menunjukkan bahwa mencukupi kebutuhan zinc pada anak dapat membantu mereka memiliki tinggi dan berat badan yang ideal. Namun, kekurangan asupan zinc dapat menghambat pertumbuhan anak serta menyebabkan keterlambatan kognitif dan motoriknya.

Makanan yang Kaya akan Zinc

Jumlah konsumsi harian zinc yang direkomendasikan adalah 8 mg untuk wanita dewasa dan 11 mg untuk pria dewasa. Beberapa makanan yang kaya akan zinc diantaranya adalah:

  • Makanan laut seperti kepiting, tiram, lobster, dan kerang
  • Daging seperti daging sapi, kambing, dan domba
  • Unggas seperti ayam dan kalkun
  • Ikan seperti ikan sarden dan salmon
  • Kacang-kacangan seperti kacang polong, lentil, kacang hitam, dan kacang merah
  • Biji-bijian seperti biji labu dan biji rami
  • Sayur-sayuran seperti kangkung, asparagus, dan buncis
  • Produk olahan susu seperti susu, yogurt, dan keju
  • Jamur
  • Telur

Selain itu, ada juga makanan olahan yang diperkaya dengan kandungan zinc, seperti tepung, sereal, dan snack bar. Biasanya, mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan zinc harian. Namun, ada juga beberapa kelompok orang yang perlu mengonsumsi suplemen zinc, seperti lansia atau orang dengan penyakit tertentu yang berpengaruh pada penyerapan zinc dalam tubuh.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini