Makanan yang Mengandung Zinc: Mulai dari Daging Hingga Pisang

Makanan yang Mengandung Zinc: Mulai dari Daging Hingga Pisang

Mineral zinc memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sistem imun dan metabolisme tubuh. Ada banyak pilihan sumber makanan yang mengandung zinc yang bisa dikonsumsi sehari-hari, antara lain daging, kepiting, tahu, dan gandum untuk memperoleh manfaat yang dihasilkan dari mineral ini.

Makanlah Beragam Makanan yang Mengandung Zinc untuk Mendukung Sistem Imun dan Pertumbuhan Anak-Anak serta Membantu Proses Penyembuhan Luka dan Produksi Protein dan DNA.

Daftar Makanan yang Mengandung Zinc

1. Daging

Makanan yang kaya akan kandungan zinc adalah daging merah, terutama dari sapi. Konsumsi satu porsi daging sapi panggang seberat 85 gram dapat memberikan kamu asupan zinc sebanyak 8,44 mg yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Tidak hanya itu, daging sapi yang merupakan sumber makanan kaya zinc juga mengandung zat besi dan empat jenis vitamin B yang penting, yaitu vitamin B3, B2, B6, dan B12. Vitamin-vitamin tersebut memiliki manfaat untuk mengurangi rasa lelah pada tubuh.

2. Kerang Tiram

Kerang tiram merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan zinc jika dibandingkan dengan jenis makanan lainnya.

Jika kamu mengonsumsi satu porsi kerang tiram yang dimasak, dilapisi tepung, atau digoreng dengan berat sekitar 85 gram, maka kamu akan mendapatkan kandungan zinc sebesar 74,1 miligram (mg).

Kandungan zinc ini bukanlah satu-satunya manfaat yang bisa didapatkan dari kerang tiram, karena makanan ini juga mengandung vitamin D, tembaga, serta mangan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

3. Kepiting

Kepiting merupakan jenis makanan laut lain yang mengandung banyak zinc. Satu contoh, ukuran satu porsi (sekitar 85 gram) dari kepiting raja Alaska sudah mengandung sebanyak 6,48 mg zinc. Selain itu, makanan yang kaya akan zinc ini juga memiliki kandungan protein yang penting bagi pembentukan dan perawatan otot-otot tubuh.

4. Tahu

Untuk vegetarian yang tidak dapat memasukkan daging dan jenis makanan yang serupa ke dalam diet mereka, tahu merupakan salah satu opsi yang disarankan sebagai sumber zinc dari produk nabati.

Tahu mengandung sekitar 1,8 mg zinc dalam satu porsi yang beratnya sekitar 113 gram. Selain itu, olahan dari kacang kedelai ini juga mengandung protein, kalsium, mangan, dan magnesium yang berguna bagi kesehatan tubuh.

5. Pisang

Pisang mengandung tidak hanya kalium, magnesium, dan zat besi yang melimpah, melainkan juga zinc yang tak kalah penting. Di setiap 100 gram pisang, terkandung sekitar 0,21 mg zinc yang dapat diserap oleh tubuh.

Khasiat buah ini tidak hanya sebatas itu saja. Pisang juga dikenal sebagai buah yang efektif dalam mengatur gula darah, meningkatkan sistem pencernaan, membantu menurunkan berat badan, serta mendukung kesehatan jantung.

Agar kebutuhan zinc harianmu terpenuhi, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi makanan-makanan di atas secara rutin.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini