Mengoptimalkan Kesehatan Tubuh dengan Mengonsumsi Suplemen Kolagen

Mengoptimalkan Kesehatan Tubuh dengan Mengonsumsi Suplemen Kolagen

Secara alamiah, tubuh kita memproduksi kolagen dari asam amino yang terkandung dalam protein yang kita makan. Meskipun beberapa orang mungkin tidak memerlukan suplemen kolagen karena produksinya sudah mencukupi, namun berbagai penelitian menunjukkan bahwa suplemen kolagen dapat meningkatkan produksinya dan memberikan sejumlah manfaat.

Manfaat Suplemen Kolagen untuk Kesehatan Tubuh

1. Memelihara Kesehatan Kulit

Kolagen memainkan peran utama dalam pembentukan kulit. Tubuh manusia menghasilkan kolagen untuk memperkuat, meningkatkan elastisitas, dan menjaga kelembapan kulit.

Dalam beberapa studi, termasuk penelitian yang dipublikasikan di jurnal Skin Pharmacology and Physiology, terungkap bahwa penggunaan suplemen kolagen dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti kerutan dan kekeringan.

Konsumsi suplemen kolagen dapat merangsang produksi protein lainnya, seperti elastin dan fibrillin, yang berperan penting dalam memberikan struktur pada kulit. Dengan demikian, suplemen kolagen bisa menjadi pilihan yang menjanjikan dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

2. Membantu Meringkan Nyeri Sendi

Peran kolagen sangat penting dalam menjaga integritas tulang rawan yang menjadi pelindung sendi. Namun, seiring bertambahnya usia, kadar kolagen dalam tubuh menurun yang dapat meningkatkan risiko masalah pada sendi, salah satunya adalah osteoarthritis. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen kolagen memiliki potensi untuk mengurangi gejala osteoarthritis dan meredakan nyeri pada sendi secara umum.

3. Meningkatkan Massa Otot

Kira-kira 1-10% dari jaringan otot terdiri dari kolagen, sehingga keberadaannya menjadi sangat krusial dalam menjaga kekuatan dan fungsi otot. Meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai keterkaitan antara konsumsi suplemen kolagen dengan massa otot, sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal The British Journal of Nutrition mengindikasikan bahwa suplemen kolagen peptida dapat membantu meningkatkan massa otot pada orang yang mengalami sarkopenia, yaitu kondisi penurunan massa otot karena bertambahnya usia.

4. Mencegah Pengeroposan Tulang

Seperti kulit, tulang juga terdiri dari kolagen sebagai komponen utama. Kolagen memiliki peran penting dalam memberikan struktur dan kekuatan pada tulang. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, tulang dapat mengalami pengeroposan dan kehilangan kepadatannya, yang dapat menyebabkan masalah osteoporosis.

Namun, beberapa penelitian ilmiah menemukan bahwa suplemen kolagen dapat memberikan efek positif dalam menghambat pengeroposan tulang. Sebagai contoh, sebuah studi melibatkan 66 partisipan perempuan menunjukkan bahwa konsumsi 6 gram kolagen per hari selama 12 bulan dapat meningkatkan densitas mineral tulang, sehingga berpotensi meningkatkan kekuatan tulang.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Suplemen kolagen dapat memberikan manfaat bagi organ jantung, karena kolagen memberikan struktur pada pembuluh nadi yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Risiko melemahnya pembuluh nadi dapat meningkat jika kolagen dalam tubuh rendah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kolagen dapat membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh nadi dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan jantung, karena kolesterol yang terkendali dan pembuluh nadi yang kuat menjadi faktor yang krusial.

6. Menjaga Kesehatan Kuku

Suplemen kolagen tidak hanya bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit, namun juga bisa membantu menjaga kesehatan kuku. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menemukan bahwa mengonsumsi kolagen bioaktif dapat meningkatkan pertumbuhan kuku dan mencegahnya dari kerapuhan.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini