Pentingnya Membaca Label Suplemen Zinc dan Memperhitungkan Asupan Zinc dari Sumber Makanan

Pentingnya Membaca Label Suplemen Zinc dan Memperhitungkan Asupan Zinc dari Sumber Makanan

Makanan apa yang kaya zinc?

Beberapa jenis makanan laut, daging, dan unggas alami mengandung banyak zinc. Selain itu, terdapat juga produk yang diperkaya zinc seperti roti dan sereal.  menyarankan bahwa kebutuhan zinc yang direkomendasikan dapat terpenuhi tanpa harus mengonsumsi suplemen.

Apakah Saya Butuh Suplemen Zinc?

Meskipun sebagian besar dari kita mendapatkan cukup zinc dalam diet kita untuk menjaga kesehatan yang baik, namun ada beberapa kondisi yang membutuhkan asupan zinc tambahan. Misalnya:

  • Setelah menjalani operasi penurunan berat badan bariatric atau memiliki penyakit radang usus (IBD), seperti Crohn dan kolitis ulseratif. Dalam situasi ini, tubuh Anda mungkin tidak dapat menyerap zinc dengan baik dan kehilangan jumlah zinc yang lebih banyak ketika buang air kecil.
  • Mengikuti diet vegetarian atau vegan yang tidak mencakup daging, sumber utama zinc. Meskipun kacang-kacangan dan produk biji-bijian juga mengandung zinc, mereka juga mengandung fitat yang dapat mengganggu penyerapan zinc oleh tubuh Anda.
  • Hamil atau menyusui, suplemen zinc dapat membantu perkembangan bayi yang sehat.
  • Anak Anda menderita penyakit sel sabit. Obat-obatan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi penyerapan zinc, sehingga anak Anda mungkin memerlukan suplemen.
  • Anda memiliki gangguan penggunaan zat (SUD), terutama alkohol, yang dapat menurunkan penyerapan zinc dan menyebabkan Anda kehilangan lebih banyak zinc ketika buang air kecil.

Jenis suplemen zinc apa yang tersedia?

Hampir semua multivitamin dan beberapa suplemen kalsium dan magnesium mengandung zinc, seperti yang disebutkan oleh . Pastikan untuk membaca label dan memperhitungkan asupan zinc dari sumber makanan.

 

Anda mungkin menemukan berbagai jenis zinc pada label suplemen, seperti zinc sulfate, zinc acetate, dan zinc gluconate. Namun, semua jenis zinc ini sebenarnya sama saja. Belum ada bukti yang menunjukkan bahwa satu bentuk zinc lebih baik daripada yang lainnya. Selain itu, zinc juga biasanya terdapat dalam krim perekat gigi palsu dan produk dingin alami.

 

 

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini