Beragam Manfaat Biotin untuk Tubuh Hingga Ibu Hamil

Beragam Manfaat Biotin untuk Tubuh Hingga Ibu Hamil

Tahukah Anda? Ternyata manfaat biotin tidak hanya sekedar menyehatkan rambut saja, tapi masih banyak manfaat lainnya bagi tubuh Anda. Simak penjelasan berikut yuk!

Manfaat Biotin yang Beragam

Faktanya, biotin juga dikenal dengan sebutan vitamin H, yakni salah satu komponen penting dari kelompok vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Nama biotin sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno, “biotos“, yang artinya kehidupan. Terdapat berbagai manfaat yang sangat berharga dari biotin yang sebaiknya tidak Anda abaikan.

1. Memperkuat Kuku Jari

Ketika kuku rapuh, kerap kali mudah pecah dan terkelupas. Ternyata, sekitar 20% dari seluruh populasi di dunia mengalami masalah kuku yang rapuh.

Salah satu manfaat lain dari biotin adalah dapat membantu memperkuat kuku yang rapuh. Suatu penelitian melibatkan 8 orang dengan kuku rapuh diminta untuk mengonsumsi suplemen biotin sebanyak 2,5 miligram selama 6-15 bulan. Hasilnya, tebal kuku meningkat sebesar 25% pada semua partisipan.

Penelitian lain melibatkan 35 orang dengan kuku rapuh, diminta untuk mengonsumsi biotin sebanyak 2,5 miligram selama 1,5-7 bulan. Pada akhir periode penelitian, gejala kuku rapuh berkurang hingga 67%.

2. Menyehatkan Rambut

Para pria yang ingin menumbuhkan rambut halus di wajahnya tentunya sudah familiar dengan biotin. Beberapa produk obat penumbuh jenggot di pasaran mengandung biotin untuk mendukung pertumbuhan jenggot atau berewok.

Biotin juga sering dikaitkan dengan pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat. Meski demikian, belum ada penelitian yang cukup untuk membuktikan manfaat biotin ini. Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa biotin selalu dikaitkan dengan kesehatan rambut?

Dalam sebuah penelitian, partisipan yang mengalami rambut rontok ternyata kekurangan biotin dalam tubuh. Oleh karena itu, banyak orang percaya bahwa biotin dapat menyehatkan rambut. Namun, klaim ini masih perlu didukung oleh penelitian lebih lanjut.

3. Mendukung Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu yang sedang hamil atau menyusui perlu memperhatikan asupan biotin dalam tubuhnya. Menariknya, sekitar 50% ibu hamil mengalami kekurangan biotin. Oleh karena itu, bagi ibu hamil dan menyusui, sangat disarankan untuk mengonsumsi biotin agar kebutuhan tubuh tercukupi.

Kekurangan biotin dalam tubuh ibu hamil bisa disebabkan oleh proses pemecahan biotin yang terlalu cepat. Dalam sebuah penelitian pada hewan uji, kekurangan biotin dapat menyebabkan kelainan bawaan pada bayi. Meskipun begitu, masih perlu dilakukan penelitian pada manusia untuk membuktikan efek kekurangan biotin yang dapat menyebabkan kelainan bawaan.

Sebelum mengonsumsi biotin, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu agar dapat mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

4. Menyehatkan Kulit

Meskipun belum terdapat penjelasan rinci mengenai keterkaitan antara biotin dan kesehatan kulit, terdapat bukti yang mengindikasikan bahwa kekurangan biotin dapat menyebabkan kulit mengalami kemerahan dan bersisik. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kekurangan biotin dapat menyebabkan seborrheic dermatitis, yaitu kondisi yang menyebabkan kulit terasa gatal dan bersisik.

Akan tetapi, manfaat dari suplemen biotin ini hanya terasa bagi mereka yang mengalami kekurangan biotin dalam tubuh. Oleh karena itu, kesimpulan yang dapat diambil adalah manfaat dari biotin hanya efektif jika dikonsumsi oleh orang-orang yang memang mengalami kekurangan biotin secara signifikan dalam tubuh mereka.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Biotin memiliki manfaat lain yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada individu yang menderita diabetes tipe 2. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita diabetes cenderung memiliki kadar biotin yang lebih rendah daripada orang yang sehat secara umum.

Sebagai hasilnya, individu dengan diabetes tipe 2 disarankan untuk mengonsumsi biotin guna memperbaiki kondisi mereka. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi biotin bersama dengan kromium dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini