Manfaat Penting Mineral Zinc untuk Tubuh

Zinc merupakan salah satu jenis zat gizi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan zinc ini memiliki manfaat yang sangat besar terutama dalam mendukung pertumbuhan serta fungsi sistem imun pada tubuh. Seperti halnya mineral lainnya, jika terdapat kekurangan zinc maka akan menimbulkan gangguan kesehatan dan meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit.

Untuk memenuhi kebutuhan zinc pada tubuh, dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung zinc. Namun, sebelum melakukannya sebaiknya memahami terlebih dahulu manfaat dari kandungan zinc untuk kesehatan tubuh manusia.

Zinc, sebuah mineral mikro yang serupa dengan selenium, zat besi, dan mangan, merupakan kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi dalam jumlah kecil, yaitu 11 miligram per hari untuk pria dan 8 miligram per hari untuk wanita.

Dalam memenuhi asupan zinc harian, berikut beberapa manfaat yang dapat diraih oleh tubuh Anda.

1. Mencegah Penyakit Infeksi

Untuk membentuk dan mengaktifkan limfosit-T, sel darah putih yang berperan dalam melawan bibit penyakit, tubuh membutuhkan zinc.

Zinc juga memiliki peran penting dalam pengiriman sinyal antara sel-sel imun ketika tubuh menghadapi infeksi penyakit.

Bahkan kekurangan zinc pada tingkat yang ringan saja dapat memengaruhi fungsi sel imun seperti makrofag dan neutrofil.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pemberian suplemen zinc dapat membantu mengatasi masalah ini dan mengurangi durasi penyakit umum seperti pilek.

2. Mempercepat Penyembuhan Penyakit

Manfaat khusus bisa diperoleh dari asupan zinc bagi mereka yang mengalami luka bakar, luka terbuka, serta cedera kulit sejenisnya.

Pasalnya, jenis mineral ini memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, dukungan sistem imun, dan reaksi peradangan yang dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Tak hanya itu, zinc juga memperkuat kekuatan kulit dan membran mukosa, yaitu lapisan jaringan yang melindungi berbagai rongga tubuh serta organ internal.

Kadar zinc yang rendah dalam darah bisa menghambat proses penyembuhan luka, sehingga mengonsumsi zinc dengan cukup sangatlah penting.

3. Mengatasi Diare

Ketika Anda sakit diare, dokter mungkin akan memberikan suplemen zinc untuk membantu pemulihan.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa zinc bisa membantu mengurangi durasi dan keparahan diare, terutama pada anak yang kekurangan gizi.

Manfaat ini berasal dari peran zinc dalam pembentukan protein, pertumbuhan sel, dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Zat gizi mikro ini juga membantu proses perpindahan air dan cairan elektrolit di dalam usus selama tubuh menghadapi diare.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini