Tak hanya Memperkuat Sistem Imun, Ini Manfaat Lain dari Zinc

Tak hanya Memperkuat Sistem Imun, Ini Manfaat Lain dari Zinc

Seng atau zinc ialah nutrisi yang sangat penting bagi tubuh untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, nutrisi ini juga memainkan peran penting dalam mendukung fungsi metabolisme tubuh. Zinc memicu kinerja lebih dari 100 jenis enzim yang berbeda. Ada beberapa manfaat penting dari zinc bagi tubuh, di antaranya:

1. Memperkuat Sistem Imun

Dilansir dari Medical News Today, zinc merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia dalam mengaktifkan sel T, yang merupakan salah satu komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sel T berperan penting dalam membantu tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit dengan mengendalikan respons kekebalan tubuh dan menyerang sel-sel yang berpotensi memicu penyakit. Dalam beberapa penelitian, diketahui bahwa orang yang kekurangan zinc memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit atau mudah jatuh sakit.

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Zinc memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan organ otak. Temuan dari penelitian di University of Toronto menunjukkan bahwa zinc memainkan peran penting dalam mengatur komunikasi antar-neuron. Dengan keteraturan komunikasi antar-neuron yang baik, maka daya ingat dan kemampuan belajar seseorang dapat meningkat secara signifikan.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan

Dari hasil penelitian yang berbeda, diketahui bahwa zinc memiliki manfaat yang dapat mempercepat penyembuhan tubuh dari berbagai jenis penyakit, terutama flu. Berdasarkan studi tersebut, penderita flu yang diberikan suplemen zinc terbukti sembuh lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak diberikan. Selain itu, konsumsi zinc dalam waktu 24 jam setelah munculnya gejala awal sakit dapat mengurangi tingkat keparahan penyakit yang dirasakan oleh penderita.

4. Membantu Penyembuhan Luka

Manfaat zinc tidak hanya terbatas pada meningkatkan kesehatan tubuh, namun juga membantu dalam proses penyembuhan luka, mengurangi peradangan, dan melawan pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, nutrisi zinc berperan penting dalam menjaga kekuatan dan struktur kulit. Pada individu yang menderita luka kronis atau borok, seringkali terjadi kekurangan zinc dalam tubuh mereka. Oleh karena itu, penggunaan zinc telah umum dilakukan untuk mengobati berbagai jenis masalah kulit, seperti ruam popok dan iritasi kulit lainnya.

5. Mencegah Peradangan

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Oregon State University menunjukkan bahwa kekurangan zinc dapat meningkatkan risiko terkena penyakit yang terkait dengan peradangan. Kondisi ini dikarenakan orang yang kekurangan zinc lebih rentan mengalami peradangan, yang pada akhirnya dapat memperburuk kondisi kesehatan dan meningkatkan risiko terkena penyakit kronis yang berbahaya. Oleh karena itu, manfaat dari zinc tidak hanya terbatas pada fungsi tubuh, tetapi juga dapat membantu dalam menurunkan risiko terkena penyakit.

Melansir Mayo Clinic, kebutuhan zinc harian seseorang bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan, jenis kelamin, dan usia mereka. Untuk wanita dewasa, diperlukan 8 miligram zinc setiap hari, sementara untuk pria dewasa, diperlukan 11 miligram zinc setiap hari. Ada batas maksimal untuk konsumsi zinc setiap hari, yaitu 40 miligram untuk orang dewasa dan 4 miligram untuk bayi di bawah usia 6 bulan, untuk memastikan keselamatan dan kesehatan mereka.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini