Manfaat Kolagen untuk Kecantikan sampai Medis

Manfaat Kolagen untuk Kecantikan sampai Medis

Terbuat dari asam amino, kolagen merupakan protein yang melimpah dalam tubuh. Menurut penjelasan dari ClevelandClinic, protein ini berada di dalam beberapa bagian tubuh seperti kulit, otot, tulang, tendon, ligamen, pembuluh darah, lapisan usus, dan organ-organ tertentu. Berikut adalah sejumlah manfaat kolagen yang esensial untuk kesehatan tubuh, sektor medis, dan juga industri kosmetik. Yuk simak beberapa manfaat kolagen untuk kecantikan hingga medis.

1. Membuat Kulit Kenyal dan Minim Kerutan

Berita kesehatan terbaru dari MedicalNewsToday menyebutkan bahwa sejumlah produk perawatan kulit memanfaatkan injeksi kolagen untuk menambah kekenyalan kulit. Perawatan ini sangat efektif dalam menghilangkan garis-garis halus, mengembalikan bentuk kulit yang sempurna, hingga menghilangkan bekas luka yang membandel.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ada kalanya dokter akan menyarankan pasiennya untuk menggunakan perban yang mengandung kolagen agar proses penyembuhan luka lebih cepat. Perban ini terbukti mampu mengurangi peradangan, mencegah jaringan parut, meningkatkan sirkulasi darah, serta mengembalikan elastisitas kulit.

3. Perawatan Gusi dan Gigi

Kolagen sering kali diaplikasikan sebagai bagian dari perawatan gusi dan gigi. Fungsinya sebagai pendukung untuk mencegah pertumbuhan jaringan gusi yang terlalu cepat dan dapat melukai jaringan gigi. Dengan adanya kolagen ini, maka gigi yang telah dioperasi dapat diregenerasi dengan lebih optimal. Selain itu, kolagen ini dapat diserap oleh tubuh, sehingga pasien tidak perlu melakukan operasi lagi setelah proses penyembuhan perawatan gusi dan gigi selesai dilakukan.

4. Pembuluh Darah Buatan

Kolagen belakangan ini tak hanya berguna untuk membuat pembuluh darah buatan, namun juga mampu membantu proses regenerasi saraf perifer yang rusak. Proses ini dilakukan melalui penerapan sistem cangkok jaringan kolagen dari donor.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini