Banyak Ditemukan pada Produk Rambut, Ini Manfaat Biotin untuk Rambut dan Tubuh

Banyak Ditemukan pada Produk Rambut, Ini Manfaat Biotin untuk Rambut dan Tubuh

Biotin, atau yang lebih dikenal sebagai vitamin B7, tak hanya berperan sebagai vitamin saja, melainkan juga sebagai koenzim yang dibutuhkan dalam metabolisme asam lemak, glukosa, dan asam amino. Kandungan biotin tersebut bermanfaat untuk membentuk energi, menurunkan kadar gula darah, serta menjaga kesehatan kuku, rambut, dan kulit.

Walaupun konsumsi biotin melalui makanan dipercaya lebih mudah diserap oleh tubuh, sekarang banyak produk skincare dan haircare yang juga mengandung biotin. Tapi, sebenarnya apa saja manfaat biotin tersebut bagi kesehatan rambut dan tubuh? Yuk simak jawabannya!

1. Mengatasi Rambut Rontok

Dari berbagai penelitian, didapati bahwa mengonsumsi produk perawatan rambut yang mengandung biotin atau bahkan suplemen biotin dapat membantu menjaga kesehatan dan kesuburan rambut. Tidak hanya itu, biotin juga mampu membuat rambut menjadi lebih tebal, berkilau, dan sehat. Oleh karena itu, tak heran jika kini semakin banyak produk rambut yang menambahkan kandungan biotin, baik dalam bentuk shampoo maupun suplemen.

2. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Selain memberi manfaat pada kesehatan rambut, biotin juga dapat menjaga dan mengatur kesehatan terhadap diabetes. Namun, tidak lupa bahwa pola makan dan hidup sehat juga harus dijalankan bersamaan. Biotin berperan dalam meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh.

3. Memelihara Kekuatan Kuku

Jika kamu memiliki masalah kuku yang mudah patah dan tidak kuat, coba konsumsi suplemen yang mengandung biotin. Bukan hanya baik untuk kesehatan rambut, biotin juga terkenal akan manfaatnya dalam menjaga kekuatan kuku. Kandungan biotin mampu merangsang pertumbuhan jaringan atau lapisan kuku, sehingga kuku menjadi lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

4. Menjaga Kelembapan Kulit

Biotin tak hanya bermanfaat bagi kuku dan rambut, tetapi juga berguna bagi sistem pertahanan kulit berkat asam lemak yang dihasilkannya. Dalam menjaga keseimbangan kelenjar minyak, biotin turut memelihara kelembapan kulit dan menghindarkan kulit dari kering dan kekurangan cairan.

5. Mengatasi Kulit Iritasi

Bukan hanya menjaga kelembapan kulit, biotin juga mempunyai sifat anti inflamasi pada kulit yang berguna untuk menghindari serta meredakan peradangan dan iritasi kulit, termasuk jerawat.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini