Vitamin B7 (Biotin): Nutrisi Penting untuk Kesehatan Rambut dan Kulitmu

Vitamin B7 (Biotin): Nutrisi Penting untuk Kesehatan Rambut dan Kulitmu

Vitamin B7, atau yang dikenal juga sebagai biotin dalam bahasa Latin, memiliki manfaat yang tidak bisa dianggap remeh dalam tubuh manusia. Salah satu manfaatnya adalah membantu dalam proses pembentukan energi dari makanan yang kita konsumsi. Selain itu, kandungan vitamin B7 juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit, saraf, rambut, mata, dan hati kita.

Terutama bagi ibu hamil, vitamin B7 juga memiliki manfaat yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang janin. Untuk mendapatkan kandungan nutrisi B7, kamu bisa mencari makanan seperti kembang kol, biji-bijian, pisang, jamur, sereal, telur kuning, kacang-kacangan, dan jeroan.

Sebagai seorang dewasa, kamu disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B7 setidaknya 30 mikrogram setiap harinya agar dapat memperoleh manfaat kesehatan dari nutrisi ini.

Saat rambutmu rontok, mungkin kamu pernah berpikir untuk mencoba suplemen biotin karena membaca berbagai manfaatnya di internet. Suplemen ini populer di kalangan pria dan wanita karena dipercaya dapat menumbuhkan rambut. Ada yang menjual biotin dalam bentuk vitamin tunggal, ada juga yang menjualnya dalam bentuk multivitamin.

Namun, sebelum mencoba suplemen biotin, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu biotin, kegunaannya, dan mengapa vitamin ini penting untuk kesehatan rambutmu!

Biotin yang berasal dari kata Yunani Kuno “biotos” yang berarti “kehidupan” atau “nutrisi” merupakan vitamin penting dalam kelompok vitamin B kompleks, juga dikenal sebagai vitamin H atau B7. Manfaat biotin termasuk membantu pertumbuhan rambut, menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, ginjal, dan sistem saraf pusat. Bahkan, biotin penting untuk ibu hamil dan janinnya.

Biasanya, asupan biotin diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. Biotin membantu mencerna dan memecah lemak, karbohidrat, dan protein dalam tubuh. Setelah diserap oleh tubuh, biotin berusaha untuk memproduksi asam lemak dan membantu memecah protein menjadi asam amino.

 

Jika kurang asupan biotin, beberapa proses metabolisme dalam tubuh akan terganggu dan menyebabkan beberapa gejala seperti rambut mudah rontok, kuku mudah patah, kesulitan tidur, dan kelelahan.

Butuh berapa Banyak Biotin untuk Tubuh Kita?

Kebutuhan biotin untuk remaja dan orang dewasa adalah sekitar 30-100 mikrogram per hari, jumlah ini cukup untuk menjaga agar metabolisme berjalan dengan lancar. Kandungan biotin dapat ditemukan dalam makanan sehari-hari seperti protein, buah-buahan, dan sayuran.

 

Dengan mengikuti pola makan yang sehat, kita dapat memastikan asupan biotin kita mencukupi kebutuhan tubuh. Jika terjadi kekurangan biotin, maka kita bisa memenuhinya dengan mengonsumsi suplemen biotin.

Namun perlu diingat, biotin sangat mudah larut dalam air, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, maka kelebihannya akan dikeluarkan dalam urin. Sebelum mengonsumsi suplemen biotin, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Sumber Biotin yang Alami

Sebelum memutuskan untuk membeli suplemen biotin, pastikan kamu telah mencukupi kebutuhan biotin dari makanan sehari-harimu. Makanan yang mengandung biotin sangat penting untuk menjaga kesehatan rambutmu.

Makanan yang kaya akan biotin biasanya termasuk dalam kategori superfood atau organ dalam hewan seperti hati dan ginjal. Selain itu, biotin juga dapat ditemukan dalam kuning telur, kacang almond, kacang tanah, walnut, kacang kedelai, whole grains (oatmeal, gandum, brown rice), pisang, kembang kol, dan berbagai jenis jamur.

Tetapi, penting untuk diingat bahwa suhu panas pada proses memasak dapat mengurangi kualitas biotin dalam makanan. Maka dari itu, sebisa mungkin makanlah makanan tersebut dalam bentuk segar dan minimal diproses.

  1. Merawat Kesehatan Kulit Kepala

Biotin memiliki manfaat yang signifikan dalam metabolisme zat-zat penting bagi tubuh, termasuk kulit kepala. Konsumsi biotin yang cukup akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kepala sehingga kesehatannya dapat terjaga dengan baik.

  1. Mempertahankan Kesehatan Akar Rambut

Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan akar rambut menjadi lemah dan akhirnya menyebabkan kerontokan rambut. Berkat manfaat biotin dalam memproduksi asam lemak dan membantu memecah protein menjadi asam amino, rambut dapat diperkuat dari akarnya sehingga terhindar dari masalah kerontokan rambut.

  1. Menjaga Kesehatan Batang Rambut

Tak hanya akar rambut, batang rambut juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tetap sehat. Ketidakseimbangan distribusi nutrisi dari akar ke batang rambut dapat menyebabkan kerapuhan dan kerontokan rambut.

  1. Meningkatkan Kilau pada Rambut

Kekurangan nutrisi juga bisa membuat rambut terlihat kusam dan tidak bersinar. Dalam hal ini, biotin dapat memberikan manfaat pada rambut dengan menambahkan kilau pada rambut. Selain membantu mencegah kerontokan rambut, biotin juga dapat membuat rambutmu terlihat lebih sehat dan berkilau.

Selain memanfaatkan biotin, merawat rambut dengan baik juga sangat penting untuk mengatasi masalah rambut rontok. Terdapat banyak cara merawat rambut agar tetap subur, seperti menjaga pola makan yang sehat dan mengurangi stres. Selain itu, perawatan dari luar seperti penggunaan shampoo khusus untuk rambut tipis dan penggunaan vitamin rambut juga dapat membantu mengurangi masalah rambut rontok dan tipis.

 

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini