Banyak ditemukan di produk Rambut, Ini Manfaat Biotin untuk Kecantikan dan Rambut

Banyak ditemukan di produk Rambut, Ini Manfaat Biotin untuk Kecantikan dan Rambut

Biotin, yang juga dikenal sebagai vitamin B7, berperan sebagai koenzim dalam tubuh. Biotin diperlukan dalam metabolisme asam lemak, glukosa, dan asam amino. Salah satu manfaat biotin adalah membantu menghasilkan energi dan menurunkan kadar gula darah, serta membantu menjaga kesehatan kuku, rambut, dan kulit.

Meskipun manfaat biotin lebih mudah didapatkan dari makanan, saat ini banyak produk perawatan kulit dan rambut yang mengandung biotin. Namun, apa saja manfaat biotin untuk kesehatan kuku, rambut, dan kulit? Yuk, mari kita bahas!

  1. Solusi untuk Masalah Rambut Rontok
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi produk perawatan rambut atau bahkan suplemen yang mengandung biotin dapat membantu meningkatkan kesuburan rambut dan mengurangi kerontokan. Selain itu, biotin juga dapat memberikan kepadatan dan kilau pada rambut serta membuatnya lebih sehat. Oleh karena itu, saat ini banyak produk perawatan rambut yang mengandung biotin baik dalam bentuk sampo maupun suplemen.

  2. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik
    Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut, mengonsumsi biotin juga dapat membantu mencegah dan mengendalikan penyakit diabetes dengan didukung oleh pola makan dan gaya hidup yang sehat. Biotin dapat membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh.

  3. Merawat Kekuatan Kuku
    Jika Anda memiliki masalah kuku yang rapuh dan mudah patah, Anda dapat mencoba mengonsumsi suplemen yang mengandung biotin sebagai salah satu cara untuk mengatasinya. Selain menjaga kesehatan rambut, manfaat biotin yang cukup dikenal adalah menjaga kesehatan kuku. Biotin membantu dalam pertumbuhan jaringan atau lapisan kuku sehingga kuku menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

  4. Melembapkan Kulit
    Selain manfaat untuk kuku dan rambut, biotin juga membantu sistem pertahanan kulit melalui asam lemak yang dihasilkan dari vitamin ini. Biotin juga berperan dalam menyeimbangkan kelenjar minyak sehingga dapat menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering dan dehidrasi.

  5. Mengatasi Iritasi Kulit
    Selain menjaga kelembapan kulit, biotin juga memiliki sifat anti-inflamasi pada kulit. Biotin berfungsi untuk mencegah dan mengatasi peradangan dan iritasi kulit, termasuk jerawat.

Itulah 5 manfaat biotin untuk kulit dan rambut. Kekurangan biotin dapat dilihat dari tanda-tanda seperti rambut rontok, kuku yang rapuh atau pecah-pecah. Dalam sebuah penelitian oleh Dermatology Research and Practice pada tahun 2015, biotin terbukti berperan dalam pertumbuhan rambut yang rontok. Beberapa subjek yang diberi suplemen yang mengandung biotin selama 90 hari mengalami pertumbuhan rambut yang lebih cepat.

Mulailah untuk rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan biotin seperti kuning telur, alpukat, kembang kol, berries, kacang-kacangan, ikan, dan jamur.

 

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini