Kenalan Lebih Dekat dengan Glutathione, Yuk!

Kenalan Lebih Dekat dengan Glutathione, Yuk!

Glutathione atau Gamma-Glutamylcysteinyglycine adalah senyawa yang terdiri dari tiga asam amino yaitu glisin, sistein, dan asam glutamat. Senyawa ini diproduksi oleh hati dan berperan penting dalam banyak proses alami dalam tubuh, termasuk pembentukan dan perbaikan jaringan, pembentukan protein, serta menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dalam dunia medis, glutathione sering digunakan untuk mencegah penuaan, mengatasi masalah hati akibat alkohol, penyakit jantung, serta berbagai penyakit lainnya, meskipun bukti ilmiah yang cukup belum tersedia untuk mendukung penggunaan ini. Secara keseluruhan, glutathione dianggap lebih bermanfaat daripada berbahaya jika dikonsumsi.

Fungsi Glutathione

  1. Menjaga Kesehatan Hati Penderita Lemak
    Kurangnya antioksidan seperti glutathione dapat menyebabkan kerusakan sel hati pada penyakit hati berlemak, baik itu disebabkan oleh konsumsi alkohol atau tidak. Glutathione memiliki kemampuan untuk meningkatkan protein, enzim, bilirubin, dan mengurangi malondialdehid yang menunjukkan kerusakan sel hati.

  2. Meningkatkan Sensitivitas Insulin
    Produksi glutathione menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini menyebabkan sulitnya menjaga berat badan dan resistensi insulin. Penelitian menunjukkan bahwa kadar glutathione yang rendah terkait dengan kemampuan pembakaran lemak yang rendah dan kemampuan penimbunan lemak yang tinggi.

  3. Menjaga Kesehatan Tubuh dari Penyakit Autoimun
    Peradangan kronis akibat penyakit autoimun dapat meningkatkan stres oksidatif. Glutathione dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan respons imun tubuh. Selain itu, glutathione juga melindungi sel mitokondria dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel.

  4. Mengurangi Stres Oksidatif pada Tubuh
    Glutathione berperan penting dalam mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas, sehingga menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit.

  5. Membantu Mengatasi Psoriasis pada Kulit
    Glutathione dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan pada penderita psoriasis yang mengalami pergantian sel kulit terlalu cepat, sehingga menjaga kesehatan kulit.

  6. Mencerahkan Kulit
    Glutathione adalah antioksidan kuat yang memiliki kemampuan anti-melanogenesis sehingga dianggap sebagai molekul pencerah kulit sistemik. Meskipun disebut-sebut lebih efektif dalam bentuk infus glutathione.

Glutathione secara alami dapat ditemukan dalam daging mentah atau dimasak sedikit, susu mentah, dan sayuran segar seperti alpukat dan asparagus. Namun, sulit untuk mengonsumsi glutathione karena suhu tinggi dapat menghilangkan kandungannya.

Selain itu, glutathione juga ditemukan di sayuran seperti brokoli, kembang kol, ceciwis, bokchoy, bawang putih, bawang merah, telur, kacang-kacangan, sereal, ikan, dan ayam. Konsumsi makanan tersebut juga dapat merangsang produksi glutathione secara alami, termasuk milk thistle, biji rami, dan whey.

 

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini