Selain Suplemen Biotin, Ini Sumber Makanan yang Dapat Membantu Memperkuat Rambut dan Kuku

Selain Suplemen Biotin, Ini Sumber Makanan yang Dapat Membantu Memperkuat Rambut dan Kuku

Menjaga kesehatan tubuh yang optimal memerlukan perawatan yang komprehensif, termasuk perawatan kuku dan rambut. Hal ini penting untuk mencegah masalah seperti rambut rontok dan kuku yang kusam dan mudah patah.

Ada cara mudah untuk memperkuat kuku dan rambut, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Terutama selama masa pandemi seperti sekarang, sulit untuk pergi ke salon.

Ada beberapa makanan sehat yang dapat membantu memperkuat kuku dan rambut. Menurut Times of India, berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu memperkuat rambut dan kuku.

Sumber Makanan yang Dapat Membantu Memperkuat Rambut dan Kuku

1. Telur

Kandungan biotin dan protein yang melimpah pada telur amatlah bermanfaat bagi pertumbuhan rambut dan kuku. Rambut rontok bisa terjadi jika tubuh kekurangan protein. Selain itu, kandungan zinc dan selenium pada telur turut membantu memaksimalkan pertumbuhan rambut dan kuku.

2. Kacang-kacangan

Menurut para ahli kesehatan, mengonsumsi aneka jenis kacang tiap hari sangat dianjurkan. Mete, almond, kenari, dan kacang tanah memiliki nutrisi omega asam lemak, vitamin, antioksidan, dan mineral. Menjadikan konsumsinya sebagai kebiasaan akan berdampak positif pada perkembangan kuku dan rambut.

3. Tomat

Tomat mengandung vitamin C yang kaya serta nutrisi likopen, beta karoten, dan lutein yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Selain itu, kandungan tomat juga mampu memperkuat akar rambut dan menghindari kerusakan rambut akibat pecah-pecah.

4. Oatmeal

Oatmeal sebagai menu sarapan merupakan pilihan yang tepat karena mengandung nutrisi penting seperti tembaga, zinc, dan vitamin B. Tak hanya memberikan energi, nutrisi tersebut juga berperan dalam menjaga kesehatan rambut dan kuku. Terlebih lagi, kandungan zinc pada oatmeal bisa membantu mencegah jerawat serta melindungi kesehatan kulit.

5. Polong-polongan

Protein, zinc, dan biotin yang terkandung dalam kacang polong dapat menjadikan rambut dan kuku lebih kokoh serta mencegah kerusakan. Terlebih lagi, adanya kolagen dalam makanan ini bisa memberikan kilau pada kulit.

6. Bayam

Manfaat bagi kesehatan rambut dan kuku bisa didapatkan dari konsumsi bayam yang merupakan salah satu makanan sehat. Dalam sayuran ini terkandung vitamin A, C, dan zat besi yang semuanya memiliki efek luar biasa untuk kesehatan rambut. Oleh karena itu, pengaruh positif dari makanan sehat ini dapat ditingkatkan dengan gaya hidup yang sehat.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini