Bukan Hanya Bermanfaat untuk Rambut, Ini 7 Keuntungan Biotin untuk Kesehatan Tubuh

Bukan Hanya Bermanfaat untuk Rambut, Ini 7 Keuntungan Biotin untuk Kesehatan Tubuh

Apakah Anda pernah mendengar tentang biotin pada iklan produk perawatan rambut? Vitamin H, atau yang dikenal sebagai biotin, adalah salah satu vitamin B kompleks yang dapat membantu menjaga kekuatan dan kilau rambut.

Namun, biotin tidak hanya bermanfaat untuk rambut, tetapi juga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya. Vitamin B ini penting untuk banyak fungsi tubuh, termasuk membantu dalam metabolisme makanan, yaitu proses mengubah makanan menjadi energi. Selain itu, biotin juga merupakan nutrisi penting selama kehamilan. Mari kita lihat beberapa manfaat kesehatan biotin di sini.

Manfaat Biotin untuk Tubuh
Salah satu manfaat biotin yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Selain itu, mengonsumsi biotin secara teratur juga dapat memberikan manfaat kesehatan berikut untuk tubuh:

  1. Mengatur Tingkat Metabolisme
    Biotin berperan dalam mengatur dan meningkatkan tingkat metabolisme dalam tubuh, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. Vitamin ini bekerja dengan menggunakan lemak, protein, dan karbohidrat dalam tubuh, dan mengubahnya menjadi energi.

  2. Melindungi Jantung
    Manfaat utama lain dari biotin adalah melindungi kesehatan jantung. Mengonsumsi vitamin B kompleks ini secara teratur dalam jumlah yang cukup dapat merangsang aliran darah di dalam jantung, sehingga dapat melindungi jantung dari banyak masalah umum. Biotin juga membantu meningkatkan kolesterol baik atau high-density lipoprotein dan menurunkan kolesterol buruk atau low-density lipoprotein, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

  3. Meningkatkan Fungsi Otak
    Otak juga membutuhkan biotin untuk membentuk selubung mielin, salah satu zat lemak yang diperlukan untuk melindungi otak dari berbagai masalah. Ini juga membantu dalam mengatur fungsi normal otak.

  4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
    Selain vitamin C, vitamin B7 atau biotin juga penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Asupan makanan kaya biotin diperlukan untuk menghasilkan sel darah putih, yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Kekurangan nutrisi ini dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan dan menurunkan daya tahan tubuh.

  5. Menurunkan Kadar Gula Darah dan Mengendalikan Diabetes
    Biotin membantu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, dan dengan memperbaiki kadar glukosa dalam tubuh. Vitamin B7 terbukti cukup efektif dalam mengendalikan diabetes tipe-2.

  6. Nutrisi Penting Selama Kehamilan dan Menyusui
    Biotin merupakan nutrisi penting selama kehamilan dan menyusui, selain dari asam folat. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B7 secara teratur dapat memberikan manfaat baik bagi ibu maupun bayi.

    Nutrisi ini dapat membantu menjaga daya tahan tubuh ibu serta mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan. Kekurangan biotin dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi. Selama menyusui, ibu juga disarankan untuk mengonsumsi biotin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dan menjaga kesehatan ibu secara keseluruhan.

  7. Mengurangi Peradangan dan Menekan Gangguan Alergi
    Manfaat biotin lain yang tidak kalah penting adalah melawan peradangan dan gangguan alergi. Hal ini disebabkan oleh sifat antiinflamasi dan antialergi yang dimilikinya. Vitamin B7 juga dapat mencegah kambuhnya alergi dan peradangan dengan mengatasi akar penyebabnya.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung biotin, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan biotin dengan mengonsumsi suplemen vitamin.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini