5 Fakta Menarik tentang Manfaat Zinc

5 Fakta Menarik tentang Manfaat Zinc

Zinc merupakan mineral yang penting bagi pertumbuhan sel darah putih, yang membantu dalam melawan infeksi. Pentingnya menjaga asupan zinc dalam tubuh tidak boleh diremehkan. Hal ini dikarenakan banyak manfaat yang bisa didapatkan, seperti menguatkan sistem imun, menenangkan inflamasi, dan mempercepat proses penyembuhan luka. Zinc merupakan mineral yang memegang peran yang sangat strategis bagi tubuh, namun sayangnya, tidak diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Oleh karena itu, cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan zinc adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc atau suplemen zinc.

Beragam Manfaat Zinc bagi Tubuh

1. Sebagai Antioksidan

Zinc dikenal sebagai pembela tubuh dalam mengatasi inflamasi dan memerangi serangan radikal bebas melalui aksinya sebagai antioksidan. Stres oksidatif, hasil dari tindakan radikal bebas, terbukti memainkan peran penting dalam munculnya berbagai jenis penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Zinc memegang peran penting dalam sistem kekebalan tubuh, khususnya dalam aktivasi sel T yang menjadi pondasi dari imunitas adaptif. Ia memiliki peran khusus dalam merespons sistem imun terhadap berbagai jenis patogen.

Selain itu, zinc juga dapat mempengaruhi proses molekuler dan menghambat terbentuknya lendir dan bakteri dalam rongga hidung. Ini dapat mempercepat atau membantu dalam penyembuhan penyakit seperti pilek dan flu.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Untuk memelihara fungsi penglihatan yang normal, keberadaan zinc sangat penting dalam tubuh. Zinc memainkan peran kunci dalam mengkonversi vitamin A menjadi bentuk aktifnya. Melalui hal ini, zinc membantu memperbaiki penglihatan bagi penderita rabun senja dan mencegah degenerasi makula yang disebabkan oleh usia yang merupakan penyebab utama kebutaan.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Zinc memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan kulit kita. Terutama dalam mengatasi masalah jerawat dan mempercepat proses penyembuhan luka seperti luka bakar, luka sayatan, dan lainnya. Bahkan, zinc juga memiliki peran penting dalam penyembuhan penyakit kulit kronis seperti eksim kering.

5. Berperan dalam Produksi Hormon

Untuk menjaga keseimbangan hormon pada tubuh, kehadiran zinc sangat penting. Pada wanita, zinc membantu memproduksi hormon estrogen dan progesteron dengan seimbang, sementara pada pria, zinc dapat meningkatkan produksi hormon testosteron. Alami juga membantu menjaga keseimbangan hormon insulin yang mempengaruhi regulasi gula darah.

Penelitian juga menunjukkan bahwa melalui asupan yang memadai akan zinc dapat meminimalisir risiko kanker prostat pada pria dan kerusakan oksidatif pada kualitas sperma.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini