Mengatasi Masalah Infeksi Dengan Mengonsumsi Zinc Yang Cukup

Mengatasi Masalah Infeksi Dengan Mengonsumsi Zinc Yang Cukup

Mineral Zinc memiliki peran penting dalam menunjang kesehatan tubuh, khususnya dalam mendorong pertumbuhan dan menjaga sistem imun tetap sehat. Namun, kurangnya zinc dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan bahkan meningkatkan risiko terkena penyakit tertentu.

Menjaga kesehatan tubuh dengan memenuhi kebutuhan zinc dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya zinc. Namun sebelum itu, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu fungsi zinc bagi tubuh manusia.

Seperti mineral mikro lainnya seperti selenium, zat besi, dan mangan, zinc juga diperlukan oleh tubuh. Namun, dibutuhkan dalam jumlah yang kecil, yaitu sebesar 11 miligram per hari bagi laki-laki dan 8 miligram per hari bagi perempuan.

Memenuhi kebutuhan zinc harian akan memberikan manfaat-manfaat sebagai berikut:

  1. Mengatasi Infeksi

Zinc berperan dalam pembentukan dan aktivasi limfosit-T, sel darah putih yang menangkal bibit penyakit. Selain itu zinc juga berperan dalam penghantaran sinyal antar sel imun ketika tubuh menghadapi infeksi. Kekurangan zinc walau hanya ringan saja sudah bisa mempengaruhi fungsi sel imun seperti makrofag dan neutrofil. Menurut hasil beberapa penelitian, pemberian suplemen zinc dapat mengatasi masalah ini serta mengurangi durasi penyakit umum seperti pilek.

  1. Menyembuhkan Luka

Konsumsi zinc yang cukup sangat baik bagi pasien luka bakar, luka terbuka, maupun cedera kulit sejenisnya. Zinc membantu pembentukan kolagen, fungsi imun, dan reaksi peradangan yang penting dalam proses penyembuhan luka. Zinc juga membantu menjaga kesehatan kulit dan membran mukosa. Namun jika seseorang kekurangan zinc, proses penyembuhan luka akan lebih lama.

  1. Meredakan Diare

Jika Anda sedang mengalami masalah diare, dokter mungkin akan memberikan suplemen zinc untuk membantu proses penyembuhan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zinc dapat mengurangi durasi dan keparahan diare, khususnya pada anak yang kekurangan gizi. Hal ini dikarenakan zinc berperan dalam pembentukan protein, pertumbuhan sel, dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Zat gizi mikro ini juga membantu proses perpindahan air dan cairan elektrolit di dalam usus saat tubuh mengalami diare.

  1. Menekan Risiko Penyakit Kronis

Konsumsi zinc dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Beberapa ahli meyakini bahwa radikal bebas dapat meningkatkan risiko terkena penyakit tersebut. Zinc memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi risiko tersebut. Zinc juga membantu mengurangi peradangan yang menjadi penyebab sindrom metabolik, kanker, dan penurunan fungsi otak. Namun tetap perlu diingat untuk menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat.

  1. Menekan Risiko Kerusakan Mata

Mineral zinc juga sangat penting untuk kesehatan mata. Zinc membantu mencegah kerusakan sel retina dan dapat membantu penderita degenerasi makula. Penyakit mata ini biasanya terjadi pada usia 50-an. Konsumsi zinc tidak dapat mencegah degenerasi makula, namun zinc dapat memperlambat proses dan komplikasinya. Zinc mungkin menjadi salah satu opsi pengobatan untuk penyakit ini.

  1. Melindungi Saraf Dan Otak

Sistem saraf memerlukan zinc untuk tetap sehat. Penelitian di AS menunjukkan bahwa tingkat zinc yang rendah dalam darah dapat menyebabkan gejala masalah saraf seperti sakit kepala, rasa geli pada kulit, dan gangguan saraf tepi. Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa asupan zinc dapat meningkatkan fungsi otak dan perkembangan kemampuan berpikir dan mengingat.

  1. Menyembuhkan Masalah Kulit

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada orang dengan kadar zinc yang rendah. Namun, jerawat dapat diatasi dengan mengonsumsi suplemen dan menggunakan krim oles yang mengandung zinc. Selain itu, asupan zinc juga dapat mengatasi masalah kulit lain yang menimbulkan peradangan seperti dermatitis atopik, ruam popok, dan hidradenitis suppurativa.

Meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil, zinc memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Zat gizi ini dapat mendukung sistem imun, mempercepat penyembuhan luka, hingga membantu fungsi saraf dan otak. Sehingga, pastikan untuk memenuhi kebutuhan zinc harian melalui pilihan makanan yang sesuai.

 

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini