Rasakan Manfaatnya, Ini 5 Alasan Kenapa Kita Perlu Konsumsi Biotin

Rasakan Manfaatnya, Ini 5 Alasan Kenapa Kita Perlu Konsumsi Biotin

Biotin merupakan salah satu jenis vitamin B Kompleks yang penting untuk proses metabolisme tubuh. Vitamin Biotin, seringkali dikenal sebagai solusi bagi masalah-masalah kesehatan seperti rambut yang mudah rontok, kuku yang rapuh, kerusakan saraf dan berbagai kondisi lain. Biotin ini termasuk dalam kategori vitamin yang hanya bisa larut dalam air. Sangat disayangkan, tubuh kita tidak memilikinya dalam jumlah besar. Biotin memegang peran penting bagi kesehatan kita, karena enzim yang memilikinya terlibat aktif dalam proses metabolisme seperti pembuatan glukosa dan asam lemak.

Berikut beberapa manfaat biotin untuk kesehatan tubuh:

1. Mengubah Asupan Menjadi Energi

Dilansir dari Medical News Today, biotin memiliki peran yang sangat penting dalam membantu metabolisme tubuh. Ia membantu enzim dalam memecah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi sumber energi yang berguna. Lebih lanjut, biotin terlibat dalam proses penting seperti glukogenesis, sintesis asam lemak, dan pemecahan asam amino esensial.

2. Menjaga Kesehatan Kuku

Jika kukumu mudah pecah, retak, atau patah, mungkin itu dikarenakan kekurangan biotin dalam asupanmu. Bila saat ini kamu mengalami masalah dengan kukumu yang mudah patah, pastikan untuk memperhatikan asupanmu yang mengandung biotin agar masalah ini bisa teratasi.

3. Memperkuat Rambut
Menjaga kesehatan rambut tidak hanya tergantung pada produk perawatan yang dipakai, namun juga dipengaruhi oleh pola makan yang sehat dan bergizi. Termasuk dalam paket nutrisi yang harus dikonsumsi adalah biotin. Biotin merupakan komponen penting yang membantu menjaga kesehatan kuku dan rambut. Tanpa cukup biotin, kuku bisa mudah patah dan rambut bisa mudah rontok. Oleh karena itu, penting bagi pemilik rambut rontok untuk memperbanyak makan sumber alami biotin dan juga menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung biotin.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui memerlukan biotin yang cukup untuk menjaga kesehatan mereka. Sayangnya, kedua kelompok ini sangat rentan terhadap kekurangan biotin, terutama karena metabolisme vitamin mereka berlangsung lebih cepat. Walau sangat penting, ibu hamil dan menyusui harus tetap berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen biotin, karena bisa mempengaruhi janin. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen biotin.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Biotin yang kurang dalam tubuh dapat menyebabkan kulit mudah teriritasi dan memunculkan ruam. Beberapa pasien psoriasis juga mengaku kulit mereka menjadi lebih baik setelah rutin mengonsumsi biotin. Dewasa membutuhkan biotin sebanyak 30 hingga 100 mikrogram setiap hari. Ahli nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi biotin dari sumber alami seperti telur, kacang-kacangan, almond, kembang kol, pisang, dan jamur. Jika ingin mengonsumsi suplemen biotin, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kesehatan tidak terganggu, terutama bagi ibu hamil.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini