Biotin, Vitamin Penting untuk Mencegah Diabete

Biotin, Vitamin Penting untuk Mencegah Diabete

Vitamin B7 atau Vitamin H atau Biotin adalah salah satu dari kelompok Vitamin B kompleks. Vitamin ini larut dalam air sehingga tidak dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama dalam tubuh.

Namun, tahukah kamu manfaat dari Biotin bagi kesehatan tubuh?

 

Vitamin H yang juga dikenal dengan nama Biotin, diperlukan oleh tubuh untuk memproses zat gizi makro seperti lemak, karbohidrat, dan protein. Setelah masuk ke dalam tubuh, Biotin akan mengaktifkan produksi asam lemak, membantu memecahkan protein menjadi asam amino, serta membantu tubuh untuk menghasilkan gula ketika cadangan gula habis. Selain itu Biotin juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Biotin merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dari Biotin yang harus kita ketahui:

  1. Vitamin Yang Diperlukan Untuk Kehamilan Dan Menyusui Yang Sehat

Biotin merupakan salah satu vitamin yang sangat penting bagi ibu hamil. Karena, kurangnya vitamin B7 dapat meningkatkan risiko lahirnya bayi yang cacat. Meskipun jarang terjadi, para ahli menyatakan bahwa kebutuhan biotin selama kehamilan dan menyusui meningkat. Oleh karena itu, dokter akan merekomendasikan pada wanita hamil untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan biotin untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat di dalam kandungan.

  1. Solusi Rambut Rontok

Manfaat biotin lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah kemampuannya untuk menumbuhkan rambut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi biotin dalam jumlah yang cukup akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Hasil dari penelitian ini juga menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen biotin mengalami peningkatan pertumbuhan rambut yang cukup signifikan di daerah yang mengalami kerontokan. Oleh karena itu, banyak orang yang menganggap biotin sebagai obat rambut rontok yang efektif.

  1. Memperbaiki Kuku Rapuh

Ketahui bahwa biotin juga dapat digunakan untuk mengatasi kuku yang rapuh. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada delapan individu dengan kuku rapuh. Kuku yang pecah-pecah juga berkurang. Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini masih dalam skala kecil dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

  1. Mecegah Kerusakan Kulit

Penelitian menunjukkan bahwa biotin dapat digunakan untuk mengatasi beberapa kerusakan kulit, seperti dermatitis seboroik. Ini disebabkan karena kekurangan biotin dapat mempengaruhi proses pemecahan lemak yang penting untuk kesehatan kulit. Namun, sampai saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa biotin dapat memperbaiki kesehatan kulit pada orang yang tidak mengalami kekurangan biotin

  1. Mencegah Diabetes

Manfaat biotin yang sangat penting adalah dapat membantu mencerna zat gizi tubuh. Oleh karena itu, vitamin B7 ini juga dapat mempengaruhi kadar gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa biotin dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain itu, dalam penelitian hewan ditemukan bahwa biotin merangsang produksi insulin dari pankreas dan kemudian menurunkan kadar gula darah.

  1. Membantu Mengobati Multiple Sclerosis

Penelitian telah menunjukkan bahwa terapi biotin dosis tinggi dapat membantu dalam menyembuhkan gejala multiple sclerosis. Ini adalah penyakit autoimun yang memengaruhi sistem saraf dan menyebabkan lemah otot dan masalah lainnya.

 

Biotin sangat penting untuk kesehatan tubuh. Selain membantu dalam pencernaan dan pemecahan nutrisi, manfaat biotin lainnya yang perlu diketahui adalah: membantu dalam proses metabolisme, menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku, serta membantu dalam produksi hormon. Biotin juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan Biotin harian pada tubuh, selain menjaga pola makan harian kita. Mengonsumsi suplemen yang mengandung biotin mampu menjaga kesehatan denagn lebih optimal.

 

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini