Kolagen: Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Kolagen: Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Kolagen adalah bahan yang semakin sering ditemukan dalam produk perawatan kulit. Ada dalam bentuk pelembab, masker, sampai shampoo dan kondisioner. Namun, apakah kamu tahu manfaatnya terhadap kulit dan kesehatan secara umum ?

Kolagen, ialah protein yang di dalamnya terdapat serat-serat yang kuat dan tidak larut, merupakan salah satu jenis protein yang paling banyak ditemukan dalam tubuh manusia. Ia menjadi fondasi utama dari tulang, kulit, urat, dan jaringan ikat yang memberikan struktur dan kekuatan yang luar biasa

Kolagen adalah sebuah protein yang tidak hanya bertugas sebagai fondasi utama dari tulang, kulit, urat, dan jaringan ikat. Namun juga ditemukan pada bagian tubuh lain seperti pembuluh darah, kornea mata, dan gigi. Ia seperti lem yang menempelkan seluruh tubuh kita menjadi satu kesatuan yang kokoh.

Kolagen bukan hanya berfungsi sebagai perekat tubuh kita, tapi juga memiliki manfaat yang luar biasa dalam memperbaiki jaringan tubuh yang terluka, menguatkan tulang, serta menjaga kulit dan tendon agar tetap lentur dan kencang. Ini menunjukkan bahwa kulit yang sehat adalah kulit yang memiliki kadar kolagen yang cukup.

Bagaimana Kolagen Tercipta dalam Tubuh?

Dalam lapisan kulit, terdapat sel-sel khusus yang menghasilkan molekul mini yang disebut pro-kolagen. Pro-kolagen ini dibentuk dari kombinasi vitamin C dan protein yang telah diserap oleh tubuh untuk membentuk molekul utama dari kolagen.

Proses produksi kolagen dimulai dari pro-kolagen yang saling menempel satu sama lain. Proses ini membuat terbentuknya fibril yang merupakan serat tipis yang tersusun dari mineral dan vitamin dengan bentuk menyerupai serabut benang. Fibril ini kemudian tumbuh dan berubah menjadi serat yang menempel pada sel kulit, berfungsi sebagai jangkar.

Tubuh kita dapat memproduksi kolagen sendiri dengan cukup baik. Paparan terhadap sinar matahari, polusi, dan merokok juga dapat menghambat produksi kolagen.

Kolagen memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh, sehingga penurunan produksi kolagen tentu akan berdampak besar. Oleh karena itu, untuk meningkatkan produksi kolagen, sangat penting bagi Anda untuk menjalani gaya hidup sehat.

Seperti semua protein, kolagen terdiri dari asam amino, beberapa diantaranya harus diperoleh dari makanan.

Kolagen tidak hanya berperan dalam kesehatan kulit, tetapi juga berbagai bagian tubuh lainnya. Walaupun tidak banyak penelitian yang tersedia tentang suplemen kolagen, beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat kolagen mungkin termasuk.

Manfaat Kolagen Bagi Tubuh

  1. Mengatasi Tanda Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang yang menyebabkan kerutan dan garis halus pada bagian kulit yang paling bergerak. Bagian kulit yang paling terkena dampak termasuk persendian, dahi, bibir, dan sekitar mata.

Untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini, Anda dapat mencoba krim anti-aging dan tabir surya yang mengandung kolagen. Perawatan ini ditambah dengan suplemen kolagen juga dapat membantu dalam proses penyembuhan dan perbaikan jaringan kulit.

  1. Menyingkirkan Selulit

Selulit muncul ketika jaringan lemak menyusup ke atas dan menembus serat hingga lapisan teratas kulit. Hal ini menyebabkan kulit terlihat bergelombang dan tidak rata.

Suplemen kolagen juga dapat membantu dalam mengurangi selulit dari dalam tubuh. Protein ini bekerja dengan merangsang proses perbaikan dan regenerasi sel-sel kulit yang rusak, memperbaiki jaringan kulit yang rusak

  1. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Suplemen kolagen dapat memperkuat pembuluh darah dan meningkatkan kelenturannya. Ini berarti darah dari jantung dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan lebih baik, termasuk kulit.

Semakin lancar aliran darah, semakin banyak oksigen dan nutrisi yang diterima oleh sel-sel kulit. Hal ini akan membuat kulit Anda terlihat lebih sehat, muda, dan bercahaya

  1. Mendukung Penyembuhan Cedera

Kolagen adalah protein yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan ikat, mendukung perkembangan otot, kulit, dan persendian yang kuat.

Suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan pemulihan jaringan otot dan kulit sehingga membantu Anda cepat pulih dari cedera akibat olahraga.

  1. Rambut Kuat dan Sehat dengan Kolagen

Kolagen yang diperlukan tubuh untuk memperkuat jaringan ikat juga penting untuk rambut. Asam amino yang terkandung dalam kolagen membentuk keratin, yang merupakan protein utama dalam rambut. Dengan meningkatkan produksi kolagen, Anda dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok dan memperkuat rambut Anda.

  1. Menjaga kekuatan rambut dengan kolagen

Kolagen memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan rambut Anda. Asam amino yang terkandung dalam kolagen dapat membentuk keratin, protein yang membuat rambut Anda kuat dan sehat. Dengan mengkonsumsi suplemen kolagen, Anda dapat meningkatkan produksi keratin dan mengatasi masalah rambut rontok.

Kolagen adalah protein yang memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Ini sangat penting dalam menjaga kesehatan rambut dan melindungi folikel rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi, stres, merokok, dan minum alkohol.

Untuk memenuhi kebutuhan harian kolagen dalam tubuh kita harus selalu menjaga pola harian kita dengan tambahan suplemen yang mengandung kolagen untuk meraih kesehatan tubuh yang optimal.

 

 

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini