Temukan 5 Manfaat Glutathione, Si Pembuat Antioksidan Alami dalam Tubuh

Temukan 5 Manfaat Glutathione, Si Pembuat Antioksidan Alami dalam Tubuh

Glutathione adalah antioksidan alami yang diproduksi oleh tubuh. Apa saja manfaat glutathione selain sebagai antioksidan?

Menurut Jurnal Integrative Medicine: A Clinician’s Journal, glutathione memiliki beberapa keuntungan seperti mencegah risiko penyakit, mengurangi paparan racun, dan meningkatkan umur panjang. Glutathione diproduksi oleh hati dan sel-sel saraf di otak. Terdiri dari tiga asam amino, yakni sistein, glutamat, dan glisin. Selain terbentuk alami dalam tubuh, glutathione juga dapat didapatkan melalui makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan daging.

Manfaat Glutathione untuk Kesehatan
Berikut adalah kumpulan manfaat L-Glutathione yang diambil dari berbagai sumber. Yuk disimak!

  1. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas
    Glutathione juga dikenal sebagai antioksidan utama karena kemampuannya melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan dan penuaan sel. Sebagaimana diketahui, radikal bebas tidak hanya diakibatkan oleh paparan sinar UV, asap rokok, atau polusi, tetapi juga hasil dari metabolisme tubuh atau konsumsi makan sehari-hari.

    Glutathione memiliki manfaat untuk menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga menghindari terjadinya berbagai penyakit seperti stroke, meminimalisasi penuaan dini, dan mengatasi stres.

  2. Menetralisir Racun dalam Tubuh
    Berikut adalah manfaat lain dari glutathione dalam proses detoksifikasi tubuh, menurut Coremedscience.com. Terdapat tiga tahap dalam proses detoksifikasi yang melibatkan glutathione.  Tahap pertama adalah detoksifikasi racun oleh protein, namun proses ini seringkali tidak sempurna dan memicu pembentukan radikal bebas yang berbahaya.

    Tahap kedua adalah detoksifikasi lanjutan dari tahap pertama yang melibatkan berbagai enzim, dan di tahap ini glutathione memainkan peran penting dalam menetralkan racun. Tahap ketiga adalah detoksifikasi akhir dengan racun dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal dan hati. Tanpa adanya glutathione, tubuh tidak akan mampu mengatasi dan mengeluarkan racun secara efektif.

  3. Menjaga Kesehatan Kulit
    Berikut adalah ulasan tentang manfaat glutathione bagi kesehatan kulit: Glutathione membantu dalam pemulihan dan regenerasi sel kulit, sehingga bermanfaat untuk mengatasi masalah seperti jerawat, kerutan, kulit kering, dan eksim. Ini berkat kemampuannya dalam menetralkan melanin atau pigmentasi pada kulit dan memperbaiki elastisitas kulit.

    Glutathione juga berperan dalam mengurangi produksi melanin dengan menghambat aktivitas enzim tirosinase. Terdapat juga studi yang menunjukkan bahwa glutathione dapat membantu mencerahkan kulit. Karena manfaat ini, banyak produk perawatan kulit seperti skincare dan suplemen yang mengandung glutathione.

  4. Mencegah Penyakit Alzheimer
    Dengan bertambahnya usia, memori dan konsentrasi kadang menjadi sulit. Ini adalah contoh neurodegenerasi, dimana neuron dalam otak menjadi rusak dan bahkan bisa mati. Meskipun hal ini tidak dapat dicegah, tetapi dapat diterlambat. Glutathione memainkan peran penting dalam memperlambat proses ini.

    Menurut Journal of Alzheimer’s Disease, penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson bisa disebabkan oleh stres oksidatif dan penurunan kadar antioksidan, termasuk glutathione, di otak. Dengan tingkat glutathione yang cukup dalam tubuh, risiko terkena penyakit neurodegeneratif bisa dikurangi.

  5. Menjaga Kekebalan Tubuh
    Tidak sedikit orang yang tidak mengetahui bahwa glutathione berperan penting dalam membantu menjaga sistem imunitas tetap kuat dan memerangi infeksi. Menurut jurnal Plos One, glutathione memainkan peran aktif dalam menghasilkan sel darah putih seperti sel NK (natural killer) dan sel T, yang berfungsi sebagai barisan pertahanan melawan infeksi.

    Glutathione membantu menghasilkan lebih banyak zat antivirus dan mengendalikan infeksi bakteri dan virus melalui sel T-nya. Dengan mempertahankan kadar glutathione yang baik, beberapa infeksi kronis seperti hepatitis, virus herpes, dan lyme yang mempengaruhi sistem imunitas, dapat dikurangi risikonya.

Itulah dia manfaat glutathione yang merupakan zat antioksidan utama di dalam tubuh, meski antioksidan ini dihasilkan secara alami, Anda tetap bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan antioksidan tinggi.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini