Manfaat Baik Zinc untuk Kesehatan Mulut

Manfaat Baik Zinc untuk Kesehatan Mulut

Zinc adalah mineral penting yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu area tubuh yang dapat sangat terbantu oleh kehadiran zinc adalah mulut. Konsumsi zinc dalam jumlah yang cukup dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai masalah kesehatan mulut, seperti gingivitis dan bau mulut.

Zinc dapat membantu menjaga kesehatan mulut dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi zinc dalam jumlah yang cukup dapat membantu mempertahankan kesehatan gusi dan menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.

Menurut jurnal kesehatan National Library of Medicine dan Journal of Dentistry, berikut ini beberapa manfaat dari zinc.

  1. Mencegah Pertumbuhan Bakteri
    Banyak masalah kesehatan mulut seperti kerusakan gigi dan penyakit gusi disebabkan oleh adanya bakteri. Zinc dengan sifat antibakterinya yang efektif mampu mempengaruhi perkembangan bakteri dalam mulut.

    Dengan demikian, berbagai masalah mulut seperti bau mulut (halitosis), radang gusi (gingivitis), infeksi gusi (periodontitis), dan kerusakan gigi seperti lubang dapat dicegah.

  2. Mendorong Penguatan Struktur Gigi
    Pada gigi, zinc memiliki peran dalam membantu menentukan struktur kristal yang tepat pada email gigi. Ada sedikit kandungan zinc pada lapisan bawah email gigi, yaitu dentin, dan membantu mengurangi risiko terjadinya demineralisasi (proses kehilangan mineral).

    Selain melindungi gigi dari proses demineralisasi, zinc juga dapat memodifikasi proses remineralisasi sehingga dentin tetap keras dan kuat. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa zinc memiliki manfaat dalam membantu memperkuat email gigi dengan mengurangi demineralisasi dan mendorong remineralisasi, sehingga lapisan-lapisan gigi tetap sehat.

  3. Melindungi Gigi dari Plak
    Zinc sangat sering ditemukan dalam produk kesehatan gigi karena manfaatnya dalam mencegah terbentuknya plak dan karang gigi.

    Plak adalah lapisan lengket dan bening yang terbentuk di permukaan gigi akibat sisa makanan yang menempel.Plak gigi harus dibersihkan dengan baik, karena jika tidak dapat menjadi sumber karang gigi dan menyebabkan kerusakan seperti gigi berlubang atau karies.

Mengetahui jumlah asupan zinc yang diperlukan tubuh adalah hal yang sangat penting. Tak hanya memahami manfaat zinc, Anda juga harus tahu jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi bagi Masyarakat Indonesia, jumlah asupan zinc harian yang dianjurkan untuk wanita dewasa adalah 8 mg dan untuk pria dewasa adalah 11 mg.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini