Manfaat Lengkap Biotin bagi Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Manfaat Lengkap Biotin bagi Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Vitamin B7 yang dikenal dengan sebutan biotin memiliki peran penting sebagai koenzim. Biotin dibutuhkan dalam proses metabolisme asam lemak, glukosa, dan asam amino. Salah satu manfaat biotin adalah membantu menghasilkan energi dan menurunkan tingkat gula darah, serta memelihara kesehatan kuku, rambut, dan kulit.

Walau manfaat biotin lebih efektif diterima jika dikonsumsi melalui makanan, namun saat ini sudah banyak produk perawatan kulit dan rambut yang mengandung biotin. Sebenarnya, apa saja sih khasiat biotin untuk kesehatan kuku, rambut, dan juga kulit?

  1. Mengatasi rambut rontok
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biotin, baik dalam bentuk suplemen atau produk perawatan rambut, dapat membantu memperkuat rambut dan mengurangi kerontokan. Biotin juga dapat memperkuat dan membuat rambut lebih sehat serta berkilau.
  2. Meningkatkan kadar kolesterol baik
    Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan rambut, biotin juga dapat membantu mencegah dan mengontrol diabetes. Namun, peningkatan manfaat biotin ini harus didukung dengan pola makan dan hidup sehat. Biotin dapat membantu meningkatkan tingkat HDL, yang juga dikenal sebagai kolesterol baik.
  3. Memelihara kekuatan kuku
    Untuk Anda yang memiliki kuku rapuh dan mudah patah, konsumsi suplemen yang mengandung biotin mungkin bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah kuku patah. Selain membantu kesehatan rambut, biotin juga terkenal memiliki manfaat untuk kesehatan kuku. Konsumsi biotin akan membantu pertumbuhan lapisan kuku sehingga lebih kuat dan tidak mudah patah.
  4. Menjaga kelembapan kulit
    Biotin memiliki peran dalam kesehatan kulit dengan membantu sistem pertahanan melalui produksi asam lemak. Vitamin ini juga membantu menyeimbangkan produksi minyak pada kulit dan mempertahankan kelembapannya, mencegah kulit kering dan dehidrasi.
  5. Mengatasi Kulit Iritasi
    Untuk kulit dan rambut yang sehat, biotin memiliki peran yang penting. Anti-inflamasi dan kelembapan kulit bisa didapatkan dari kandungan biotin. Termasuk mencegah iritasi dan jerawat.

Itu dia 5 manfaat biotin untuk kulit dan juga rambut. Tanda-tanda kekurangan biotin seperti rambut rontok, kuku rapuh, dan pecah. Sebuah penelitian tahun 2015 menunjukkan bahwa biotin berkontribusi pada pertumbuhan rambut. Orang yang mengonsumsi suplemen biotin selama 90 hari memiliki pertumbuhan rambut yang lebih cepat.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini