Glutathione, Nutrisi Penting untuk Kesehatan Tubuh

Glutathione, Nutrisi Penting untuk Kesehatan Tubuh

Glutathione adalah senyawa antioksidan yang dihasilkan secara alami oleh tubuh. Antioksidan ini memiliki berbagai manfaat penting untuk kesehatan, seperti melindungi sel-sel dari kerusakan, memperbaiki sel dan jaringan yang rusak, serta dukungan pada sistem kekebalan tubuh.

Glutathione (GSH) diproduksi oleh hati dan sel-sel saraf di otak. Antioksidan ini terdiri dari tiga jenis asam amino, yaitu L-cysteine, glycine, dan L-glutamate. Selain dihasilkan secara alami oleh tubuh, glutathione juga dapat diperoleh dari makanan tertentu atau suplemen kesehatan.

Glutathione memiliki banyak peran penting bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat glutathione:

1. Melawan Radikal Bebas
Radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai macam penyakit, seperti kanker, diabetes, dan rheumatoid arthritis.

Glutathione dapat membantu dalam mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh, sehingga menurunkan risiko terkena penyakit yang disebutkan di atas.

2. Meningkatkan Efektivitas Insulin
Seiring bertambahnya usia, kadar glutathione dalam tubuh akan menurun. Ini dapat meningkatkan risiko terkena resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa glutathione dapat membantu dalam mencegah resistensi insulin dan meningkatkan efektivitas insulin dalam mengontrol kadar gula darah.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen glutathione yang dikonsumsi secara teratur juga disertai dengan pola makan sehat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan mencegah penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh kolesterol tinggi (aterosklerosis).

Hal ini menjadikan glutathione baik untuk menjaga fungsi dan kesehatan jantung, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Mencegah Kerusakan Sel Hati
Antioksidan seperti glutathione penting untuk melindungi sel-sel hati dari kerusakan. Kekurangan antioksidan dapat meningkatkan risiko kerusakan pada hati, baik pada orang yang mengonsumsi alkohol maupun tidak. Kerusakan sel-sel hati juga dapat menyebabkan fungsi hati terganggu.

Beberapa studi menunjukkan bahwa suplemen glutathione dapat melindungi fungsi hati dan mencegah kerusakan sel-sel hati. Namun, untuk menjaga kesehatan hati, Anda juga perlu menjalani gaya hidup sehat, seperti berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, menghindari rokok dan alkohol, dan mendapatkan vaksinasi hepatitis A dan B, serta melakukan seks dengan aman dan tidak berganti pasangan.

5. Meningkatkan daya Tahan Tubuh
Glutathione memiliki manfaat yang cukup besar dalam meningkatkan kesehatan tubuh, seperti meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih resisten terhadap berbagai macam penyakit. Bukan hanya dapat digunakan oleh orang yang sehat saja, tetapi juga sangat bermanfaat bagi penderita penyakit tertentu seperti HIV/AIDS dan kurang gizi.

Tubuh kita secara alami dapat memproduksi glutathione sendiri, tetapi jika diperlukan dapat juga diperoleh dari berbagai jenis makanan seperti:

  • Makanan kaya sulfur; bawang putih, bawang merah, bawang bombay, brokoli, kubis Brussel, kembang kol, kangkung, selada air, dan sawi.
  • Makanan tinggi Vitamin C; stroberi, jeruk, pepaya, kiwi, dan paprika.
  • Daging, ayam, ikan.
  • Telur
  • Susu

Dengan kandungan antioksidan yang cukup kuat, manfaat dari glutathione tentu tidak bisa diabaikan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencukupi asupan glutathione dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat yang mengandung zat ini atau bisa juga dengan mengonsumsi suplemen kesehatan yang mengandung glutathione seperti Frestio.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini