Kolagen: Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Kolagen: Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Kolagen, kandungan yang semakin populer dalam berbagai produk skincare, juga suplemen kesehatan. Namun, tahukah Anda seputar manfaat kolagen untuk kulit dan kesehatan secara umum?

Kolagen adalah protein yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Kolagen merupakan komponen utama dalam jaringan ikat dan jaringan penopang pada tubuh kita, termasuk kulit, rambut, tulang, sendi, dan pembuluh darah. Kolagen juga dapat membantu dalam proses penyembuhan luka dan menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang dan sehat. Produk skincare yang mengandung kolagen sering digunakan untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi keriput serta garis halus.

Apa Saja Manfaat Kolagen bagi Tubuh?

Kolagen memiliki peran penting, tidak hanya untuk kulit, tetapi juga bagian tubuh lain. Walaupun belum banyak penelitian yang tersedia tentang suplemen kolagen, namun beberapa menunjukkan manfaat kolagen seperti di bawah ini.

1. Mencegah Tanda-tanda Penuaan
Saat usia semakin bertambah, produksi kolagen tubuh akan menurun sehingga menimbulkan keriput dan garis halus pada bagian wajah yang paling sering digerakkan. Area yang paling terkena dampak di antaranya adalah persendian, dahi, bibir, dan sekitar mata.
Penggunaan produk skincare anti-aging yang mengandung kolagen dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Kombinasi dengan suplemen kolagen juga dapat membantu proses penyembuhan dan perbaikan jaringan kulit.

2. Mengurangi Selulit
Selulit muncul ketika jaringan lemak menekan ke atas dan menembus serat hingga ke lapisan kulit teratas. Akibatnya, kulit terlihat bergelombang dengan tekstur yang tidak rata.

Manfaat lain dari suplemen kolagen adalah dapat mengurangi selulit dari dalam tubuh. Protein ini bekerja dengan meningkatkan proses perbaikan dan regenerasi sel-sel kulit pada jaringan yang rusak.

3. Meningkatkan Aliran Darah Menuju Kulit
Suplemen kolagen dapat memperkuat pembuluh darah dan meningkatkan fleksibilitasnya. Dengan pembuluh darah yang kuat, aliran darah dari jantung akan lebih lancar ke seluruh tubuh, termasuk kulit.

Semakin lancar aliran darah Anda, semakin banyak oksigen dan nutrisi yang dikirimkan ke sel-sel kulit. Ini akan membuat kulit tampak lebih sehat, muda, dan bercahaya.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka dan Cedera
Kolagen sangat penting dalam proses pemulihan dan pembentukan jaringan ikat untuk mendukung perkembangan otot, kulit, dan persendian yang kuat. Protein ini juga diperlukan untuk menguatkan struktur tulang, urat, tulang rawan, dan ligamen.

Kolagen juga memiliki manfaat pada jaringan otot. Suplemen kolagen membantu mempercepat proses penyembuhan jaringan otot dan kulit, sehingga membantu Anda cepat pulih dari cedera akibat olahraga.

5. Menjaga Kekuatan Rambut
Beberapa jenis asam amino yang terkandung dalam kolagen juga membentuk keratin. Keratin adalah protein utama yang membentuk rambut Anda. Dengan meningkatkan produksi kolagen, Anda juga akan mendapatkan asam amino yang akan membantu mengatasi masalah rambut rontok.

6. Melindungi Folikel Rambut dari Kerusakan
Folikel rambut merupakan kantong-kantong kecil pada kulit yang menjadi tempat tumbuhnya rambut. Folikel rambut dapat mengalami kerusakan akibat radikal bebas dari polusi, stres, serta kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Untungnya, kolagen memiliki manfaat sebagai antioksidan yang kuat. Selain merawat rambut agar tetap kuat, protein ini juga melindungi folikel rambut dari kerusakan dengan melawan dampak radikal bebas.

Nah, sudah tau kan betapa pentingnya asupan kolagen bagi tubuh kita? Yuk mulai sekarang mulailah untuk menjaga produksi kolagen tubuh agar kulit, tulang, otot, sendi dan rambut bisa berfungsi lebih baik. Anda bisa memenuhi asupan kolagen dengan mengkonsumi makanan atau minuman yang dapat meningkatkan produksi kolagen, atau bisa juga mengonsumsi suplemen kesehatan yang mengandung kolagen seperti Frestio.

Kini hadir di Indonesia! Frestio minuman kesehatan yang mengandung kolagen, Biotin (vit B7), DNA Salmon, L-Glutahione dan Zinc! Cek info lengkapnya disini